Home / Bisnis / IAI Dampingi Pemerintah Dalam Pembukuan

IAI Dampingi Pemerintah Dalam Pembukuan

Palembang, BP

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) siap membantu pemerintah dalam mengurus laporan keuangan. Hal ini dilakukan dengan cara mengenalkan pembukuan dengan basis akrual dan memberikan pendampingan dari mahasiswa tingkat akhir jurusan akutansi.

Ketua Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Provinsi Sumatera Aspahani, mengatakan, para perangkat desa perlu didampingi karena laporan berbasis akrual ini belum begitu dikenal di pemerintahan meski mulai efektif dijalankan pada 2015.

“Selama ini yang dikenal di pemerintahan yakni pelaporan berbasis kas, yakni ada uang baru bisa belanja. Ini sangat berbeda dengan pelaporan berbasis akrual yakni walaupun belum ada uang maka proyek bisa tetap jalan dengan cara utang atau pemerintah daerah membuat surat utang,” katanya di sela Seminar Sehari di Grand Atyasa, Senin (25/5).

Dengan sistem yang baru ini maka perangkat desa perlu diedukasi mengenai cara penyerapan anggaran APBN sesuai dengan Undang Undang, termasuk indikator yang digunakan pemerintah untuk menilai persentase realisasi anggaran.

Untuk menyosialisasikan basis terbaru untuk laporan keuangan, IAI juga merencanakan untuk menjalin kerja sama dengan instansi terkait dalam pengelolaan keuangan daerah 2015, baik berupa pelatihan maupun pendampingan sesuai amanat PP 71 tahun 2010 tentang basis accrual. Aspahani mengatakan IAI merupakan lembaga profesi di bidang akuntansi dan auditing.#pit

x

Jangan Lewatkan

Laba Bersih PT Bukit Asam Capai Rp2,63 Triliun

  Jakarta, BP–Direktur Utama  PT  Bukit Asam (PT BA Persero) Tbk Arviyan Arifin menegaskan,  PT BA  berhasil mempertahankan kinerja terbaik ...