Home / Pendidikan / Pemilihan Rektor UTP Harus Adil!

Pemilihan Rektor UTP Harus Adil!

Palembang, BP

Pemilihan Rektor Universitas Tridinanti Palembang (UTP) periode 2015-2019 akan berlangsung pada Senin (24/5). Dua kandidat yang bersaing menduduki posisi tertinggi di kampus tersebut, yakni Dekan FKIP Prof Dr Rusman Roni, MPd dan Pembantu Rektor (PR) 1 Dr Ir Manisah, MPd.

Jelang pemilihan beredar kabar jika Yayasan Pendidikan Tridinanti terkesan memihak salah satu calon rektor. Pasalnya, pada pemilihan ini, pihak yayasan memiliki kuota 35 persen atau 13 suara. Sementara 65 persen sisa atau 24 suara menjadi haknya anggota senat. Artinya, jika 13 suara pihak yayasan ditambah 6 suara senat, maka salah satu kandidat bisa memenangkan kursi rektor UTP.

“Saya harap yayasan bisa berlaku fair dan tidak memihak salah satu calon. Sebaiknya suara yayasan terdistribusi ke masing-masing calon,” ujar Rusman Roni, Minggu (24/5).

Lebih lanjut ia mengatakan, Senat Fakultas Ekonomi paling tinggi memiliki hak suara yakni delapan. Kemudian, Fakultas Pertanian enam suara, Fakultas Teknik tujuh suara, dan FKIP tiga suara. Dia mengklaim, bisa menang jika suara yayasan terbagi.

“Dua periode lalu jabatan rektor dipegang Fakultas Pertanian, apa salahnya fakultas lain diberi kesempatan. Apalagi, hanya FKIP dan Fakultas Ekonomi yang belum pernah memiliki wakil sebagai rektor,” tegasnya.

Terkait isu keberpihakan anggota yayasan, Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Rektor (P3R) UTP Ir Suhardan, MD, MS, Met, IP, mengatakan, sejauh ini tidak ada kendala yang berarti, semuanya berjalan dengan lancar. Masalah isu adanya tersebut tidak membuat ketatnya persaingan akan berubah.

Menurut dia, pihak yayasan juga mempunyai hak suara, sama dengan para anggota senat dan tidak ada bedanya. Tergantung hasil voting dan pemaparan visi dan misi yang dilakukan beberapa waktu lalu. Dari sana, pemilik suara mesti memilih kadidat yang terbaik.

“Kami lihat hasil voting nanti. Siapa yang akan menduduki kursi rektor. Selain itu, ini hanya pemilihan Rektor UTP,jadi masing-masing hak suara itu pastinya sudah memiliki pilihan, baik itu senat dan yayasan,” terang Suhardan. O fer/adk

 

x

Jangan Lewatkan

Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Stebis IGM Gandeng UIN

Palembang, BP— Meskipun baru berusia empat tahun, namun Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (Stebis) IGM Palembang terus melakukan akselerasi terobosan ...