Home / Headline / PNS Harus Jadi Pelopor Polmas

PNS Harus Jadi Pelopor Polmas

Palembang, BP

Cara kerja polisi yang konvensional, dinilai tak dapat lagi menciptakan keamanan dan kenyamanan bermasyarakat. Sistem perpolisian baru telah dirancang oleh Polri untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

Polisi masyarakat (polmas) adalah sistem yang membaurkan Polri dengan masyarakat untuk menciptakan kehidupan bermasyarakat lebih kondusif.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Iza Fadri mengatakan, Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus memahami sistem kerja polmas ini lebih dulu daripada masyarakat awam. “PNS adalah abdi negara. Harus menjadi panutan bagi masyarakat luas,” tuturnya saat Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan II dan III, serta Diklat Teknis Aset dan Kekayaan di Aula Putri Kembang Dadar Badan Diklat Sumsel, Kamis (22/5).

Izan menjelaskan, polmas adalah strategi perpolisian modern karena metode konvensional tak lagi efektif untuk mempertahankan kekondusifan kehidupan bermasyarakat saat ini.

Kondisi aman dan tertib, kata dia, tidak mungkin dilakukan oleh Polri sepihak sebagai subyek dan masyarakat sebagai obyek.

Namun Polri dan masyarakat harus sama-sama menjadi subyek yang menjaga keamanan, kenyamanan, dan ketertiban di lingkungan sebagai obyeknya. “Memberdayakan masyarakat melalui kemitraan polisi dan warga adalah caranya. PNS sebagai abdi negara harus memahami betul dan menjadi pelopor dalam masyarakat,” jelasnya. #idzNNA_8662

x

Jangan Lewatkan

Polda Endus Ladang Ganja Lain

Palembang, BP–Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel memusnahkan 335 butir ekstasi dan 86,34 gram sabu hasil ungkap dua perkara dengan tiga ...