Home / Palembang / Pelindo Anggarkan 350 Juta Dolar AS

Pelindo Anggarkan 350 Juta Dolar AS

Palembang, BP

Pemprov Sumsel bersama PT Pelindo akan membangun waterlock (pintu air) dari Muara Lematang-Pelabuhan Tanjung Api Api (TAA).

Waterlock digunakan untuk mengatur ketinggian air agar kapal tongkang raksasa yang memuat batubara bisa melintasi sungai tanpa harus berbenturan dengan dasar sungai.

Kepala Dinas Pertambangan dan Pengembangan Energi Sumsel Robert Heri mengatakan, pihaknya telah membahas tentang pemanfaatan Sungai Musi sebagai jalur transportasi angkutan di Sumsel saat pertemuan dengan PT Pelindo di Jakarta beberapa hari lalu.

“Rencana pembangunan ini membutuhkan anggaran sekitar 350 juta dolar AS. Semuanya bersumber dari Pelindo,” ujar Robert, Rabu (21/5). Dana 350 juta dolar setara dengan kurang lebih Rp4,2 triliun. Proyek ini membutuhkan anggaran yang besar karena akan ada banyak pintu air di setiap segmen-segmen Sungai Lematang, Sungai Musi, hingga Tanjung Api Api (TAA).

Ada beberapa hal, tutur Robert, yang akan dikerjakan dalam rencana pembangunan jalur sungai itu. Pertama adalah normalisasi Sungai Lematang sebagai jalur pengangkutan batubara. Lalu pembangunan terminal batubara, serta normalisasi Sungai Musi hingga ke Tanjung Carat.

Selain itu, pembangunan terminal induk batubara di Tanjung Carat akan melengkapi rencana jalur transportasi batubara lewat sungai ini. Sehingga semua batubara di Sumsel harus masuk dan menuju ke lokasi tersebut.

“Saat ini kami fokus pada penyusunan Detail Engineering Design (DED). Baru akan dikerjakan. Penyelesaian DED sekitar dua bulan. Direncanakan nantinya September mulai pengerjaannya,” ungkap Robert. #idz

x

Jangan Lewatkan

Tanpa Strategi Khusus, Harnojoyo-Fitrianti Agustinda Yakin Menang

Palembang, BP–Pasangan calon petahana Walikota dan Wakil Walikota Palembang, Harnojoyo dan Fitrianti Agustinda, mengaku tidak mempersiapkan strategi khusus untuk memenangkan ...