Home / Bisnis / Hanya 3,7% Masyarakat Paham Pasar Modal

Hanya 3,7% Masyarakat Paham Pasar Modal

Palembang, BP

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) intens memberikan literasi kepada masyarakat supaya paham dengan lembaga keuangan. OJK mencatat pemahaman masyarakat yang sadar akan lembaga keuangan di Indonesia masih sangat rendah. Bahkan hanya 3,7% masyarakat yang mengetahui pasar modal.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan OJK Agus Sugiarto didampingi Kepala OJK Sumsel Patahuddin mengatakan, secara nasional pemahaman masyarakat terhadap lembaga keuangan masih rendah. Untuk perbankan saja mencapai 21,8 persen, atau sekitar 22 dari 100 orang di Indonesia sudah mengetahui lembaga perbankan.

Baca:  LKM Wajib Berbadan Hukum

Saat ini hanya ada sekitar 3,7 persen masyarakat yang tahu dengan pasar modal. Sedangkan penggunanya juga sangat minim yakni hanya 0,1 persen. “Artinya seribu dari masyarakat Indonesia hanya satu orang yang memanfaatkan pasar modal,” kata, Selasa (19/5).

Hal ini ditengarai, masyarakat masih beranggapan jika membeli saham di pasar modal sama saja membeli ekspektasi. Sebab antara untung dan rugi yakni 50 : 50 persen. “Masyarakat belum berani jika berspekulasi seperti ini. Sebab masyarakat Indonesia cenderung menghitung untungnya terlebih dahulu sebelum berinvestasi,” katanya.#pit

x

Jangan Lewatkan

Gelontorkan Santunan Rp25,8 Miliar, Jasa Raharja – Police Gelar Goes To Campus

Palembang, BP PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Sumsel mencatat, hingga kuartal ke tiga September pembayaran klaim di wilayah Sumatera Selatan ...