Home / Bisnis / Target Transaksi Gadai Rp95 M

Target Transaksi Gadai Rp95 M

Palembang, BP

PT Pegadaian Palembang memprediksi terjadi peningkatan transaksi gadai hingga 30 persen menjelang tahun ajaran baru apalagi bertepatan memasuki bulan puasa dan Lebaran.

“Transaksi gadai di saat memasuki tahun ajaran baru juga Lebaran mengalami kenaikan. Tahun ini, diprediksi naik sekitar 25-30 persen. Modal biasanya per bulan sekitar Rp25 miliar. Nah, di moment tersebut bisa hingga Rp30 miliaran,” kata Pimpinan Cabang Pegadaian Kantor Wilayah Palembang Maman Syarif, Senin (18/5).

Baca:  Infrastruktur Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

Menurutnya, masyarakat biasanya menggadaikan logam mulia juga kendaraan roda dua atau pun roda empat. “Kita belum bisa memprediksi omzet yang akan diperoleh dalam transaksi tersebut nantinya. Namun biasanya didominasi oleh emas,” ujarnya.

Disamping itu, Pegadaian menargetkan transaksi gadai 2015, sekitar Rp95 miliar dari tahun lalu Rp76 miliar. Artinya ada peningkatan sekitar 25 persen. Realisasi hingga triwulan pertama lalu sudah tercapai Rp5 miliar atau 10 persennya.

Baca:  Pengusaha Keluhkan Rendahnya Daya Beli

Selain untuk kebutuhan sekolah dan Lebaran, Pegadaian pun menawarkan kredit angsuran sistem fidusia (Kreasi). Kredit ini khusus pelaku Usaha Kecil Menengah (UMKM) dengan memberikan fasilitas kredit usaha yang terjangkau. Minimal plafon Rp1 juta-Rp150 juta, dengan tenor minimal 1 – 3 tahun dan bunga 1 persen per bulan.

Kreasi pun dapat dimanfaatkan untuk modal usaha saat menjelang Lebaran. Produk Kreasi Pegadaian, diakuinya, cukup membantu para pelaku usaha mikro, karena menggunakan sistem Fidusia. Yakni, agunan pinjaman hanya berupa buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB), sementara kendaraan masih bisa digunakan untuk usaha.#pit

x

Jangan Lewatkan

Dirut PT Bukit Asam Arviyan Arifin: Pabrik Pengolahan Gasifikasi Batubara Beroperasi 2022

Jakarta, BP–Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk Arviyan Arifin, Direktur Utama  PT Pertamina (Persero) Elia massa Manik, Direktur Utama PT ...