Home / Pendidikan / 155.061 Siswa, Ikuti UN SD Besok

155.061 Siswa, Ikuti UN SD Besok

Palembang, BP

Sebanyak 155.061 peserta ujian akhir tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Sumsel dari total SD negeri dan swasta sebanyak 4.444 dan 506 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Negeri dan swasta akan mengikuti mengikuti pelaksanaan Ujian Akhir untuk tingkat SD sederajat secara serentak, Senin (18/5). Pelaksanaannya sendiri, direncanakan akan berlangsung selama tiga hari yakni 18-20 Mei mendatang.

Secara teknis pelaksanaan sejatinya akan berbeda dengan Ujian Nasional (UN) SMP dan SMA, mengingat soal ujian akhir tingkat SD dibuat tanpa paket atau semua soal dibuat sama dan setiap siswa bisa kerja sama menjawab soal ujian SD.

Ketua UN Sumsel Bonny Syafrian mengatakan, pembuatan soal dan Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) ujian akhir tingkat SD di-handle oleh masing-masing guru di setiap kabupaten/kota yang kemudian dilakukan verifikasi oleh perguruan tinggi.

“Ya, hari ini Senin (18/5) dilaksanakan ujian utama untuk tingkat SD. Ujian SD ini sendiri dikonsep lebih mudah, sifatnya hanya peningkatan kompetensi,” katanya kepada BeritaPagi saat dibincangi melalui telepon seluler (ponsel), Minggu (17/5).

Ia menjelaskan, ujian tingkat SD akan digelar lebih santai dibandingkan jenjang SMP-SMA. Di mana hasil ujian akhir tingkat SD sejak 2014, sudah tidak lagi menjadi penentu kelulusan.

“Khusus siswa SD sekolah diwajibkan untuk meluluskan siswa-nya apabila sudah memenuhi kriteria,” ujarnya.

Sementara itu, untuk naskah soal ujian akhir tingkat SD sudah didistribusikan ke 17 kabupaten/kota di Sumsel. Sebanyak 5.537 koli soal tingkat SD diserahkan ke Dinas Pendidikan masing-masing kabupaten/kota untuk selanjutnya diserahkan ke sub-rayon masing-masing.

#adk

x

Jangan Lewatkan

Marzuki Alie Tinggalkan Maaf ke IKA Unsri

Palembang, BP — Setelah menahkodai ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitae Sriwijaya masa bakti 2013-2017 akhirnya, tibalah Marzuki Alie lengser menyusul ...