Home / Headline / Batanghari Sembilan Bergema di SMB II

Batanghari Sembilan Bergema di SMB II

BP/HAFIDZ SAMBUT WISATAWAN-Alunan musik khas Sumsel dan pertunjukan penenun songket menyambut wisatawan di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, Palembang, Rabu (13/5).

BP/HAFIDZ
SAMBUT WISATAWAN-Alunan musik khas Sumsel dan pertunjukan penenun songket menyambut wisatawan di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, Palembang, Rabu (13/5).

Palembang, BP

Alunan irama Batanghari Sembilan menyambut para calon penumpang saat check in. Hal itu yang membuat suasana berbeda dengan hari biasanya di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Rabu (13/5).

Sesampainya para penumpang di Lantai II Keberangkatan Bandara SMB II, mata mereka terpaku pada teras Rumah Limas selebar 7×3 meter. Rumah dengan tinggi 3,5 meter ini tegak di tengah para penumpang yang sedang menunggu pesawatnya.

Di atas teras, barulah para penumpang mengetahui bahwa asal lantunan mendayu yang terdengar hingga gerbang masuk tersebut, berasal dari lima seniman musik Sanggar Gema Suara binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel.

Seniman musik berbusana warna jingga ini membawakan lagu tradisional Sumsel seperti Ribang Kemambang, Semele, Nak Cak Mano Lagi, Amerindu, Yaa saman, Palembang di Waktu Malam, dan lagu tradisional melayu.

Selain Gema Suara, terdapat satu sosok wanita lain yang sibuk dengan kegiatannya sendiri di atas teras rumah tradisional khas Sumsel tersebut. Triyana, wanita pengrajin songket itu sedang menenun songket Limar di samping para pemusik.

Di belakang wanita berjilbab ini terbentang Songket Cantik Manis berwarna merah marun dan ungu bergaris perak. Ia diboyong Disbudpar Sumsel ke bandara khusus untuk menunjukkan proses penenunan songket asli Sumsel.

Para penumpang yang melintas hendak ke ruang tunggu pun banyak yang menyempatkan diam berdiri menonton, ada yang berkomentar tersenyum sambil lalu, juga ada yang antusias sambil berfoto. #idz

x

Jangan Lewatkan

Guru di Muba Belajar Sampai ke Australia

Perth, BP–Peningkatan kualitas guru dan implementasi kurikulum standar Internasional, bertahap mulai diterapkan di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Melanjutkan Lighthouse School ...