Home / Headline / 52 Santri At Thoriq Adabiyah Diwisuda Khatam Alquran

52 Santri At Thoriq Adabiyah Diwisuda Khatam Alquran

JpSantri dan santriwati TKA/TPA Unit 002 AT Thoriq Adabiyah Palembang mengikuti prosesi khataman Alquran, Kamis (14/5). eg

Santri dan santriwati TKA/TPA Unit 002 AT Thoriq Adabiyah Palembang mengikuti prosesi khataman Alquran, Kamis (14/5). eg

Palembang, BP

Sebanyak 52 santri dan santriwati TKA/TPA Unit 002 AT Thoriq Adabiyah Palembang diwisuda dalam acara peringatan haflah khataman Alquran yang berlangsung, Kamis (14/5).

Acara diawali dengan prosesi wisuda. Lantunan sholawat nabi sambil menabuh terbang (kompangan) yang dilakukan ustad dan ustadzah mengiringi 52 santri dan santriwati yang mengenakan pakaian khas Palembang menuju tempat prosesi didampingi santri lain yang pakai baju muslim serba putih.

Rasa bangga dan senang tampak pada raut wajah santri dan santriwati. Orangtua pun yang ikut menghantar mereka merasa terharu melihat putra dan putrinya menuntaskan program pembelajaran Alquran di TKA/TPA Unit 002 AT Thoriq Adabiyah Palembang.

Acara peringatan haflah khataman diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran. Setalah itu, santri dan santriwati yang khatam baca surah yang dipandu oleh ustadnya, selanjutnya doa khatam Alquran dan sholawat nabi. Kepala TKA/TPA Unit 002 AT Thoriq Adabiyah Palembang Muslim T mengatakan, jumlah santri dan santriwati yang mengikuti khataman Alquran ke-25 ini berjumlah 52 orang, meliputi 21 orang laki-laki dan 31 orang perempuan.

Ia berharap para santri dan santriwati ini menjadi anak yang sholeh dan sholeha. “Khatam Alquran bukan berarti stop membaca Alquran tapi jadikan Alquran sebagai sahabat kita dalam menjalankan kehidupan sehari-hari,” katanya dalam dalam sambutannya.

Kepada orangtua, dia juga berpesan agar anak-anaknya diajak bersama-sama membaca Alquran. Sehingga menjadi cahaya dalam keluarga. “Penyakit hati seperti kebencian dan kesombongan akan hilang dalam hati kita. Semoga dengan membaca Alquran, Allah akan memberikan petunjuk bagi kita dalam mengarungi hidup,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Ketua Bidang Pendidikan Yayasan Adabiyah Ahmad Qhasim berpesan kepada para wisudawan untuk terus mengamalkan Alquran sehingga pahalanya akan mengalir juga ke orangtuanya. “Khatam Alquran bukan berarti berhenti tapi baca terus Alquran sehingga orangtua akan dapat kasih sayang dari Allah SWT,” katanya.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para ustad dan ustadzah yang telah mengajari anak didiknya Alquran, semoga mendapatkan balasan pahala dari Allah SWT,” ujarnya.

Sementara seorang santri yang khatam Alquran, Arya mengatakan, senang dan gembira bisa khatam Alquran. “Tiga tahun bisa khatam Alquran,” kata siswa kelas 3 MI Adabiyah ini.

Ia menambahkan, belajar Alquran di TKA/TPA Unit 002 AT Thoriq Adabiyah Palembang ini sejak kelas I.#mik

x

Jangan Lewatkan

UIN Raden Fatah Berduka

Palembang, BP Civitas akademika Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang berduka, salah satu dosen terbaiknya Drs. Kailani Mustafa, ...