Home / Palembang / Sumsel Targetkan IKM Tumbuh 40%

Sumsel Targetkan IKM Tumbuh 40%

Palembang, BP

Pertumbuhan Industri Kecil Menengah (IKM) Sumsel hingga akhir 2014 tercatat naik hingga 38%. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumsel menargetkan pertumbuhan IKM pada akhir 2015 mencapai 30-40%.

Berdasarkan data Disperindag Sumsel, tercatat jumlah unit usaha yang beroperasi pada 2013 sebanyak 7.196. Naik signifikan menjadi 11.752 unit usaha pada akhir 2014.

Kepala Bidang Industri Non Agro Disperindag Sumsel Soni Mahrani mengatakan, penambahan jumlah unit usaha di Sumsel didominasi oleh industri kerajinan sandang dan pangan. “Pertumbuhan didominasi oleh industri tenun dan pangan. Industri pangan itu seperti pempek, keripik, dan makanan ringan lainnya,” tuturnya, Selasa (12/5).

Soni mengakui, dari jumlah tersebut masih banyak industri kecil lainnya yang belum terdata. Hal ini dikarenakan lokasi-lokasi operasional industri tersebut yang tidak diketahui oleh petugas pencatatan dari Disperindag kabupaten/kota.

Serta banyaknya pelaku usaha yang memang belum melaporkan kegiatan usahanya, sehingga sulit bagi pemerintah setempat untuk mendata. #idz

x

Jangan Lewatkan

Pelayanan Mesti Berbasis IT

Palembang, BP — Pelayanan terpadu yang diberikan Kota Palembang saat ini sudah berbasis teknologi atau IT. Hal ini juga untuk memudahkan ...