Home / Hukum / Penyeludupan Monyet Tak Bisa Dijerat Pidana

Penyeludupan Monyet Tak Bisa Dijerat Pidana

Muaraenim, BP

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Lahat, akhirnya melepaskan 53 ekor (bukan 60 ekor-red), satwa monyet yang hendak diselundupkan  yang berhasil  diamankan petugas Polres Muaraenim pada  Senin (11/5) sekitar pukul 16.30. hasil penyidikan yang dilakukan Satreskrim Polres Muaraenim, penyelundupan hewan itu tidak termasuk tindak pidana, karena bukan termasuk satwa yang dilindungan negara sesuai dengan UU.

Sehingga, penyidik Satreskrim Polres Muaraenim, terpaksa menyerahkan satwa monyet tersebut kepada BKSDA. Lantas pihak BKSDA sekitar pukul 22.00 disaksikan penyidik Satreskrim Polres Muaraenim melepaskan satwa tersebut ke alam terbuka di kawasan hutan kota Kalamudin di daerah Relli, Kelurahan Air Lintang Kota Muaraenim.

“Pengamanan itu bermula dari laporan masyarakat  adanya mobiol truk yang membawa satwa monyet. Lalu Kita amankan dan dilakukan pemeriksaan. Pada proses pemeriksaan itu, kita meminta keterangan tim dari BKSDA Lahat yang pada malam itu langsung datang ke Polres,” jelas Kapolres Muaraenim AKBP Nuryanto, Sik melalui Kasat Reskrim AKP M Khalid Zulkarnain, didampingi Kanit Pidumnya, Iptu Acep, Selasa (12/5).

Menurutnya, pada pemeriksaan yang dilakukan sesuai dengan keterangan dari pihak BKSDA Lahat, bahwa satwa monyet yang diangkut pengemudi truk bukan merupakan tindak pidana. Karena satwa monyet tersebut tidak termasuk satwa yang dilindungi sesuai dengan ketentuan UU.

“Sesuai dengan keterangan pihak BKSDA mereka memiliki izin penangkaran monyet. Jadi mereka hanya melakukan pelanggaran administrasi saja,” jelas Kasat Reskrim. Karena, lanjutnya, jika mereka hendak melakukan penangkapan satwa monyet tersebut seharusnya berkordinasi dan sepengetahuan pihak BKDA.

Untuk itu, lanjutnya, satwa monyet tersebut, pada malam itu juga langsung diserahkan ke BKSDA. Kemudian mobil truk berikut pengemudinya, terpaksa dilepaskan. Karena tidak ada dasar hukum yang kuat untuk melakukan penahanan terhadap sopir mobil tersebut.
#nur

x

Jangan Lewatkan

Ganti Shabu Dengan Garam, Andi Dibekuk

Kayuagung, BP–Berharap mendapat untung besar dengan mengelabui pembeli, Andi Piteriyadi (41), pengedar narkoba jenis shabu-shabu warga Desa Muara Niru, Dusun I, Kecamatan ...