Home / Palembang / Tiap Daerah Harus Miliki Pasar Induk

Tiap Daerah Harus Miliki Pasar Induk

Palembang, BP

Pasar induk merupakan tempat produk hasil alam kebutuhan masyarakat pertama kali disalurkan. Namun Sumsel yang terdiri dari 17 kabupaten/kota, baru memiliki satu pasar induk yakni Pasar Induk Jakabaring.

Kebutuhan fasilitas pasar induk yang semakin mendesak membuat Pemprov Sumsel mulai berencana membangun pasar induk di tiap kabupaten/kota. Kepala Biro Perekonomian Akhmad Muchlis mengatakan, pasar induk dianggap menjadi bagian paling penting dalam mengetahui jumlah hasil sumber daya alam dari setiap kabupaten/kota. Realitanya, saat ini dibutuhkan banyak pasar induk di Sumsel.

Pasar induk dibutuhkan untuk memperlancar alur distribusi dari produsen kepada pedagang yang akhirnya dibeli masyarakat sebagai konsumen. Pasar induk, lanjut Muchlis, diperlukan untuk memperlancar transaksi dan juga meningkatkan kenyamanan jual-beli.

Pasar induk juga memiliki peran dalam mengawasi keluar masuknya produk dari suatu daerah. Pihak yang berkepentingan pun bisa mendapatkan data stok jumlah produksi sumber daya alam dari berbagai daerah yang terkumpul di pasar induk, menjadi lebih detail dan terkontrol. #idz

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

18 September, Sandiaga Uno Akan ke Palembang

Palembang, BP — Sandiaga Uno yang merupakan bakal calon Wakil Presiden Republik Indonesia dipastikan akan berkunjung ke Kota Palembang pada 18 ...