Home / Palembang / KEK TAA Bisa Serap Tenaga Kerja

KEK TAA Bisa Serap Tenaga Kerja

Palembang, BP
Pemerintah Provinsi Sumsel terus melakukan pengembangan kawasan Tanjung Api-api (TAA) sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Komisi II DPRD Sumsel berharap antara DPRD dengan Pemerintah Provinsi terjalin komunikasi demi perkembangan KEK TAA.
Wakil Ketua Komisi II DPRD Sumsel, Budiarto Marsul, di gedung DPRD Sumsel, Senin (11/5), mengatakan, Kementerian Perdagangan dan Perindustrian meminta Pemprov dan DPRD Sumsel agar menjalin komunikasi dalam perkembangan KEK.
“Kalau betul-betul, memang ini dikembangkan sebaik-baiknya maka bisa menyerap tenaga kerja dan meningkatkan perekonomian,” katanya.
Beberapa waktu lalu, pihaknya juga menanyakan peran pemerintah pusat dalam pembangunan KEK, khususnya Kementerian Perindustrian dan Perdagangan, dan mereka menyampaikan akan membantu perkembangan Tanjung Api-api.
Menurut Budiarto, yang terpenting Sumsel betul-betul menyiapkan lahan secara baik, kalau perlu secepatnya KEK itu dikuasai pemerintah sebab kalau tidak harga tanah semakin mahal setiap tahun.
“Kementerian Perindustrian dan Perdagangan menyarankan supaya secepatnya tanah-tanah di KEK diselesaikan pembebasannya”, ujarnya.
Budiarto juga berharap kawasan KEK menjadi kawasan bisnis. Misalnya bisnis pusat hilirisasi produk-produk unggulan Sumsel seperti sawit, karet, dan kopi.
Selain itu sebagai pusat pengolahan produk-produk hasil tambang, batubara, minyak, dan gas. “ Inilah yang akan memacu perekonomian Sumsel nanti karena itu kita mengharapkan antara Pemprov dan DPRD terus ada komunikasi dalam perkembangan KEK,” katanya.#jon/tri

x

Jangan Lewatkan

Ratusan Koperasi Tinggal Papan Nama

Palembang, BP — Pertumbuhan koperasi di Kota Palembang terbilang cukup signifikan terutama yang dibentuk oleh masyarakat. Dari total 1082 hampir setengahnya ...