Home / Bisnis / BNI Salurkan Kredit ke Sektor Maritim

BNI Salurkan Kredit ke Sektor Maritim

Palembang, BP

PT Bank Negara Indonesia (BNI) Persero Tbk merasa terbantu oleh program Jaring yang digagas Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Dengan program ini, pihaknya bisa memberikan pembiayaan ke sektor kelautan dan perikanan.

Direktur Utama BNI Achmad Baiquni mengatakan, program Jaring akan mempermudah akses masyarakat terhadap layanan perbankan mulai dari penangkapan ikan hingga mata rantai perdagangan hasil laut. Didukung oleh jaringan outlet BNI yang luas baik di dalam negeri maupun luar negeri serta program kemitraan terpadu melalui skema pembiayaan kredit kemitraan, dan kredit usaha kecil dan menengah, BNI yakin dapat menjembatani transaksi bisnis sektor kelautan dan perikanan.

Baca:  Target Ribuan Tenant Ramaikan PGS

BNI telah menyalurkan kredit ke sektor kemaritiman dengan posisi outstanding sebesar Rp8,7 triliun per Desember 2014. Khusus untuk sektor kelautan dan perikanan sebagai salah satu bagian dari subsektor kemaritiman, BNI menyalurkan pembiayaan Rp1,054 triliun atau 12,1% dari total outstanding di sektor kemaritiman. “Pada tahun 2015, BNI berkomitmen menyalurkan Rp1 triliun di sektor kelautan dan perikanan,” katanya.

Baca:  Belum Pengaruhi Harga Sembako

Dukungan BNI terhadap sektor kemaritiman dilakukan melalui program kemitraan terpadu. BNI menyiapkan program pembinaan melalui program Bantuan Sosial melalui Program Kemitraan & Bina Lingkungan atau Corporate Community Responsibility (CCR). “Hingga pada fase akhir dimana mitra binaan BNI telah berhasil membangun bisnisnya menjadi bankable dan feasible, BNI menyiapkan kredit komersial, BNI wirausaha, dan kredit usaha rakyat,” katanya.

Untuk mengoptimalkan hasil dari program kemitraan tersebut, BNI mengembangkan Kampoeng BNI, yang merupakan program pengembangan komunitas. Dari 28 Kampoeng BNI yang sudah dikembangkan saat ini, lima diantaranya merupakan Kampoeng BNI yang berbasis pada sektor kemaritiman.

Baca:  BI Gencar Sosialisasi Transaksi Non Tunai

Melalui Kampoeng BNI, penyaluran bantuan dari BNI dapat dimaksimalkan dari segala sisi. Untuk perbaikan sarana dan prasana di lingkungan sekitar, BNI memberikan bantuan bina lingkungan mulai dari bantuan pendidikan bagi anak-anak nelayan, pelatihan pengolahan hasil laut, membangun balai pertemuan, memberikan alat bantu kerja, hingga pembangunan rumah ibadah. Adapun untuk mendorong peningkatan bisnisnya, BNI memiliki program kredit kemitraan bagi nelayan yang belum bankable dan feasible.#pit

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Gelontorkan Beasiswa, BI Sumsel Dorong Kaum Milenial Berwirausaha  

Palembang, BP Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan penyerahan beasiswa 2018, di Aula BI Sumsel, Rabu (19/9). ...