Home / Pendidikan / 3.356 Siswa Lulus SNMPTN

3.356 Siswa Lulus SNMPTN

Palembang, BP

Sebanyak 3.006 siswa dinyatakan lolos pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Universitas Sriwijaya (Unsri). Kendati hasil tersebut belum memenuhi kuota yang telah ditetapkan yakni sebanyak 3.010 siswa dari total 42.432 siswa yang mendaftar. Selain itu, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, pada tahun ini juga mulai menerima mahasiswa baru melalui jalur undangan atau SNMPTN, dinyatakan lolos sebanyak 350 siswa, dari 4.977 siswa.

“Untuk tahun ini Unsri memenuhi kuota yang sudah ditetapkan. Dari jumlah siswa yang diterima, sebanyak 548 siswa tersebut merupakan siswa yang lolos untuk bidik misi,” kata Penanggung Jawab Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Universitas Sriwijaya (Unsri) 2015 Prof Dr Ir Anis Sagaff, MSCE, kepada BeritaPagi, Sabtu (9/5).

Ia menjelaskan, setelah pengumuman ini tahap selanjutnya siswa yang dinyatakan lolos harus lanjutkan pengisian data dengan online, di www.unsri.co.id. Selain itu, siswa dituntut melengkapi data untuk verifikasi ulang berdasarkan kelompok peserta SNMPTN, dari 25-28 Mei mendatang di Kampus Unsri Indralaya.

“Siswa yang lulus harus melakukan daftar ulang peserta SNMPTN. Itu pun diwajibkan untuk datang dan tidak bisa diwakilkan, jika tidak dianggap mengundurkan diri,” ujarnya.

Lebih lanjut Anis menjelaskan, selama verifikasi, peserta diwajibkan membawa rapor asli, surat keterangan lulus dari sekolah, kartu keluarga, surat pernyataan tidak akan mundur jika diterima jalur SNMPTN dan surat pernyataan dari orangtua untuk menyanggupi biaya kuliah atau Uang Kuliah Tunggal (UKT).

“Orangtua atau wali peserta SNMPTN harus ikut saat verifikasi. Kalau pun wali berhalangan hadir maka wali tersebut harus membuat surat pernyataan atau surat kuasa yang isinya memberikan oteritas sepenuhnya kepada anak tersebut khususnya mengenai UKT,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Akademik Administrasi Kemahasiswaan (BAAK) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang Mirwan Pasta menjelaskan, pendaftar SNMPTN yang memilih UIN Raden Fatah Palembang tercatat ada 4.977 siswa. Dari jumlah tersebut sebanyak 350 siswa dinyatakan lulus.

“Hasil ini memang masih sedikit, hal ini dikarenakan untuk UIN sendiri baru pertama kalinya membuka seleksi jalur SNMPTN. Oleh sebab itu, kuota yang ada baru terbilang masih sedikit,” pungkasnya.

#adk

x

Jangan Lewatkan

Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan di KI Meriah

Palembang, BP–Women’s Crisis Centre (WCC) Palembang menggelar kampanye 16 hari Anti kekerasan Terhadap perempuan tahun 2017, di Kambang Iwak, Palembang, ...