Home / Olahraga / KONI Seleksi Atlet di Lapas

KONI Seleksi Atlet di Lapas

Palembang, BP

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Selatan serius mencari atlet di lembaga pemasyarakatan (lapas). Sebagai bukti, induk organisasi olahraga di Bumi Sriwijaya ini menggelar seleksi calon atlet di Lapas Anak Kelas II A Palembang.

Sebanyak 71 warga binaan lapas mengikuti seleksi calon atlet di lapangan Lapas Anak Kelas II A Palembang, Jumat sore (8/5). Proses seleksi dipimpin para penguji dari KONI Sumsel, seperti Samsul Ramel dan Iyakrus.

“Kita tidak patok target berapa yang lolos seleksi. Yang pasti, kita hanya menjaring calon atlet yang memang memenuhi kriteria atau mumpuni untuk menjadi atlet,” ujar Wakil Ketua III KONI Sumsel Dhennie Zainal di sela kegiatan.

Materi tes meliputi, tes fisik dasar, kecepatan, kekuatan otot, serta daya tahan. “Hasil tes menentukan cabang olahraga apa. Apakah si atlet cocok di tinju, tenis lapangan, binaraga, atau catur. Kebetulan empat cabor tersebut sudah tersedia sarana latihannya di sini,” tambah mantan anggota DPRD Sumsel ini.

Anak-anak warga binaan menjalani tes layaknya calon atlet pada umumnya. Mereka mesti melakoni tes lari sejauh 30 meter, sit up selama dua menit, dan push up satu menit, serta tes vertical jump. “Kalau tes kesehatan meliputi timbang badan, ukur tinggi, dan tensi darah,” ujarnya.

Dhennie melanjutkan, seleksi atlet merupakan tindak lanjut dari kunjungan KONI Sumsel sebelumnya ke Lapas Anak Kelas II A sebulan lalu.

“Tes ini untuk mengetahui sejauh mana perkembangan fisik menjadi atlet. Anak-anak akan dijadikan atlet, jangan tanggung-tanggung. Kami datang ke sini sebagai bukti keseriusan dalam rangka kepedulian di bidang olahraga. Kami minta peserta seleksi serius. Apalagi sekarang atlet sudah jadi kebanggaan dan sumber penghasilan,” tukasnya.

Kepala Lapas Anak Kelas II A Palembang Faedhoni menambahkan, seleksi calon atlet anak didik lapas anak Palembang dalam rangka kerja sama dengan KONI Sumsel. “Total anak didik kami 254 orang, namun hanya 71 yang ikut seleksi. Kami sudah siapkan sasananya,” tutupnya. O sug

x

Jangan Lewatkan

16 Negara Asia Ramaikan Takraw Asian Games 2018

Palembang, BP– Pesta olahraga bangsa-bangsa Asia yang bakal digeber di Ibukota Jakarta dan Bumi Sriwijaya 2018 mendatang kini terus mengalami ...