Home / Hukum / Terdakwa Pengeroyokan Divonis Bebas

Terdakwa Pengeroyokan Divonis Bebas

Palembang, BP

Setelah terbukti tidak bersalah selama mejalani persidangan, terdakwa Dr H Achmad Tiar dan Sri Toto Dwi Martono dibebaskan murni oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Palembang, Rabu (6/5). Bahkan selain mendapat vonis bebas pertama di 2015 ini, majelis hakim yang diketuai Togal juga menyatakan untuk merehabilitasi nama baik terdakwa yang selama ini disangkakan melanggar pasal 170 ayat 1 KUHP tersebut.

Penasehat hukum kedua terdakwa, Ambo Alang dan Yenny Liza mengatakan dalam persidangan sebelumnya terdakwa dituntut dengan pidana penjara selama 10 bulan. “Selama ini klien kami di jerat dengan pasal 170 ayat 1 KUHP, tentang pengeroyokan,” ujarnya yang ditemui usai persidangan.

Dirinya melanjutkan berdasarkan fakta persidangan, majelis hakim menyatakan bahwa terdakwa tidak terbukti bersalah.

“Sehingga terdakwa dinyatakan bebas murni. Namun sema ini belum memiliki kekuatan hukum tetap, karena meski kami menerima, tapi JPU masih pikir-pikir,” tandasnya.

Sementara itu, Humas Pengadilan Negeri Palembang, Posma Nainggolan mengatakan vonis bebas di tahun 2015 merupakan yang pertama kalinya.

“Semua itu karena berdasarkan fakta persidangan maupun alat bukti yang dihadirkan, perbuatan terdakwa tidak terbukti,” katanya.

Dengan demikian, kedua terdakwa dinyatakan bebas dan memulihkan hak terdakwa dalam kemampuan harkat dan martbatnya. “Serta untuk barang bukti berupa satu unit mobil, dikembalikan kepada pemiliknya,” tandasnya.ris

x

Jangan Lewatkan

Densus 88 Ringkus Dua Terduga Pemasok Senjata ke Kelompok Teroris di Ogan Ilir

Palembang, BP–Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri menangkap dua terduga teroris di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Minggu (10/12) ...