Home / Palembang / Disperindag Siapkan Empat Daerah Kawasan Industri

Disperindag Siapkan Empat Daerah Kawasan Industri

Palembang, BP

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api Api di Kabupaten Banyuasin merupakan salah satu kawasan industri penyokong pertumbuhan Sumsel beberapa tahun ke depan. Namun selain KEK TAA, tiga daerah lain diproyeksikan juga menjadi bagian dekonsentrasi kawasan industri, yakni Kota Lubuklinggau, Palembang, dan Kabupaten Muaraenim.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumsel Ir Permana mengatakan, pihaknya mengusulkan beberapa daerah kepada pemerintah pusat untuk pembangunan kawasan industri namun yang terlebih dahulu dipilih adalah daerah yang telah memiliki kelengkapan syarat pembangunan.

“Syarat-syarat tersebut antara lain, pemerintah daerah telah melakukan studi kelayakan terhadap kawasan yang diajukan, telah merancang Detail Engineering Design (DED) dan telah menyusun Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal),” katanya, Rabu (6/5).

Ia melanjutkan, lahan dan infrastruktur jalan menuju kawasan harus siap, sehingga pemerintah pusat hanya tinggal mengembangkan sarana-prasarana di kawasan industrinya saja.

Setelah syarat tersebut lengkap, maka Kementerian Perindustrian akan menggelontorkan dana dekonsentrasi yang jumlahnya tergantung pengajuan dari pemerintah daerah setempat. #osk

x

Jangan Lewatkan

Ratusan Koperasi Tinggal Papan Nama

Palembang, BP — Pertumbuhan koperasi di Kota Palembang terbilang cukup signifikan terutama yang dibentuk oleh masyarakat. Dari total 1082 hampir setengahnya ...