Home / Palembang / Pembuat Akta Kelahiran Mulai Ramai

Pembuat Akta Kelahiran Mulai Ramai

Palembang, BP

Jelang ajaran baru, pembuat akta kelahiran sebagai salah satu persyaratan masuk Sekolah Dasar (SD) kian ramai. Lonjakan mulai terasa di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Palembang dan Kantor Camat Seberang Ulu (SU) I.

Kepala Disdukcapil Palembang M Ali Subri melalui Kapala Bidang Pencatatan Sipil Siti Fauziah mengatakan, pembuat akta mulai ramai namun diyakini puncaknya terjadi pada akhir Juni atau awal Juli mendatang.

“Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Palembang mengharuskan anak yang akan masuk SD melampirkan fotokopi akta kelahiran, sehingga pembuat akta makin tinggi jelang ajaran baru,” katanya.

Dikatakan dia, seperti pada pelayanan pembuatan akta di Kantor Camat SU I permintaan tinggi bahkan jumlahnya mencapai ribuan dengan kapasitas proses mencapai 500 hingga lima hari terakhir.

Sejauh ini, pemahaman warga untuk membuat akta kelahiran ketika anak lahir sudah cukup baik. Namun, kebiasaan warga membuat akta kelahiran ketika ada keperluan mendesak, dinilainya masih perlu pemahaman. Padahal, sosialisasi membuat akta kelahiran ketika anak lahir atau selambat-lambatnya 60 hari usia bayi terus dilakukan. #ren

x

Jangan Lewatkan

Pelayanan Mesti Berbasis IT

Palembang, BP — Pelayanan terpadu yang diberikan Kota Palembang saat ini sudah berbasis teknologi atau IT. Hal ini juga untuk memudahkan ...