Home / Sumsel / Muratara / 132.688 Masyarakat Belum Mendaftar BPJS

132.688 Masyarakat Belum Mendaftar BPJS

Muratara, BP

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), mencatat ada 132.688 dari 195.177 masyarakat di wilayah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) belum memiliki kartu BPJS. Artinya, dari jumlah tersebut baru sekitar 62.489 atau 32 persen masyarakat yang sudah terdaftar di BPJS.

Penyebabnya, karena masih banyak masyarakat yang tinggal di daerah terpencil. Ditambah lagi wilayah Kabupaten Muratara merupakan kabupaten baru yang terbilang cukup luas.

Baca:  10 Kepala Daerah Hadiri Apeksi

Kepala Cabang BPJS Kota Lubuklinggau Novi Kurniadi, mengatakan, sebenarnya itu tidak menjadi kendala. Karena pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak Kementerian Sosial dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Mengenai masih banyaknya masyarakat yang belum terdaftar BPJS.Novi menyampaikan, ditargetkan 2019 mendatang seluruh penduduk di Indonesia sudah terdaftar di BPJS.

Mengenai mekanismenya, apabila didapati warga yang tidak mampu, maka biaya administrasi BPJS akan ditanggung oleh pihak pemerintah Pusat maupun pemerintah daerah.

Baca:  Kuryana: Kalau Tidak Diperbolehkan Maju Saya Tidak Masalah

Biaya masyarakat yang tidak mampu, akan ditangani melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Apalagi pemerintah sudah menyiapkan kuota khusus untuk mengatasi permasalahan ini.#wan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Dua Bakades Tak Ikut Pilkades Serentak

Muratara, BP Dua bakal calon kepala desa (bacakades) dipastikan tidak akan mengikuti pesta demokrasi tingkat desa. Ini disebabkan, satu orang ...