Home / Palembang / 2016, LRT Mulai Dibangun

2016, LRT Mulai Dibangun

Palembang, BP

Pembangunan Light Rapid Transit (LRT) akan segera terkabul. Pemerintah pusat telah merestui rencana Pemprov Sumsel tersebut dan akan menggelontorkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk pembangunan yang akan dimulai awal 2016.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan, pembangunan LRT ditargetkan selesai sebelum Asian Games 2018. Pembangunan dilakukan untuk mengurangi kemacetan dalam Kota Palembang dan untuk menunjang kelancaran penyelenggaraan Asian Games.

Baca:  Kepastian ‘Groundbreaking’ JTTS di Tangan Presiden

Alex telah memaparkan rencana pembangunan LRT ini kepada Presiden RI Joko Widodo, di Ruang VIP Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II saat hendak bertolak dari Palembang usai groundbreaking Tol Palindera, Jumat (30/4) lalu. Paparannya disambut baik Jokowi dan langsung menyetujui rencana ini.

LRT atau biasa dikenal dengan monorel, dibangun di atas median jalan, jadi tidak ada pembebasan lahan besar-besaran. “Jadi nanti akan dibangun 14 halte. Di situlah pembebasan lahannya, tapi tidak banyak karena yang dijadikan halte sebagian besar lahannya milik Pemprov Sumsel atau Pemko Palembang, seperti Pasar Cinde,” tuturnya saat ditemui di Griya Agung, Senin (4/5).

Baca:  Presiden 'Tekan Sirine' Palindra

Dana anggaran yang dibutuhkan untuk membangun kereta api rel listrik dengan gerbong pendek ini diperkirakan mencapai Rp7 triliun lebih dengan perhitungan per kilometernya Rp300 miliar. “Itu sudah termasuk dengan kereta ya, bukan cuma jalur relnya saja. Nanti tiketnya bisa murah karena yang bangun pemerintah,” sambung Alex. #idz

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Tambah Mobil Crane Untuk Perbaikan Lampu Jalan

Palembang, BP — Mobil crane yang dimiliki saat ini untuk perbaikan lampu jalan dan memangkas pohon, dinilai Pemerintah Kota Palembang melalui ...