Home / Headline / Sekip Nyaris Tenggelam

Sekip Nyaris Tenggelam

IMG_00000617Palembang, BP
Meluapnya Sungai Bendung di Kecamatan Kemuning, Palembang membuat lebih dari separuh kawasan Sekip lumpuh. Pasar Semai di sekitar lokasi tampak tutup. Sejumlah kendaraan yang melintasi jalan tampak mogok. Bahkan tidak sedikit pengguna jalan yang putar arah.
Pantauan di lapangan, air yang meluap hingga ke Jalan Mayor Salim Batubara lebih dari setengah meter. Luapan air berasal dari Sungai Bendung seakan tidak terbendung. Tampak juga air masuk ke rumah warga sekitar.
“Sudah dari sejak dini hari air sudah masuk ke rumah. Air tiba-tiba masuk, kami panik dan berusaha untuk menyelamatkan agar barang-barang tidak basah kena air,” kata Rusmila, warga Sekip Bendung.
Ia mengatakan, hal ini sudah terbiasa mereka alami. Namun memang lebih parah dari tahun lalu. Utamanya pemukiman warga yang makin padat ditambah pembangunan rumah toko (ruko) yang makin banyak.
Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Banjir dan Drainase Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM) dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kota Palembang Ahmad Bastari mengatakan aliran Sungai Bendung tidak bisa menampung debit air yang masuk melalui Sungai Musi.
“Saya cek dulu karena yang mengoperasikan pompa di Sekip bidang lain bukan di bawah kewenangan bidang saya,” katanya ketika ditanya BeritaPagi soal fungsi pompa di Sekip, Minggu(3/5).
Seperti diketahui dari informasi warga, air yang masuk melalui Sungai Bendung cukup deras sekitar pukul 01.00 dini hari. Tidak butuh waktu lama sekitar pukul 03.00 air sudah merangkak masuk ke rumah warga.
“Sekarang turun sedikit debit air, tadi malam sekitar sedengkul, sekarang berangsur turun,” kata Jaya (40) warga yang rumahnya juga terkena dampak banjir.. #ren
Baca:  Tangani Cepat Sawah Puso
x

Jangan Lewatkan

Waspada Kepunahan Ikan Belida Mengintai

Palembang, BP — Semakin sulitnya ditemukan ikan belida di perairan Sumatera Selatan dinilai Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sebagai warning bagi ...