Home / Sumsel / Ogan Ilir / 7.172 Siswa SMP OI Ikut Ujian Nasional

7.172 Siswa SMP OI Ikut Ujian Nasional

Inderalaya, BP

Sebanyak 7.172 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTS) di Kabupaten Ogan Ilir (OI), akan mengikuti Ujian Nasional tahun pelajaran 2014/2015, yang digelar serentak secara nasional pada 4-7 Mei.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) OI Drs H Sidharta melalui Kasi Kurikulum Marsudi mengatakan, dari jumlah data peserta ujian tersebut tercatat, 4.849 siswa berasal dari SMP negeri/swasta dari 76 sekolah. Kemudian 2.323 siswa dari MTS negeri/swasta dari 38 MTS negeri/swasta, sehingga total mencapai 114 sekolah menengah pertama baik negeri maupun swasta yang ada di Kabupaten OI.

Baca:  Sumsel Siap Gelar UN SMP

Sementara untuk bidang studi yang masuk kategori UN untuk SMP, MTs dan Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) pada hari pertama 4 Mei, adalah bidang studi Bahasa Indonesia, hari kedua Matematika, hari ketiga Bahasa Inggris dan hari yaitu bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

“Untuk tahun ini penentu kelulusan siswa ada terdiri dari tiga variable,” kata Marsudi, Minggu (3/5).

Baca:  Naskah Soal UN Dijaga 24 jam

Berdasarkan edaran Kementerian Pendidikan pada tahun 2015 melalui lembaga Independen Badan Standar Nasional Pendidikan ( BSNP ) tentang petunjuk Operasional Standar Ujian Nasional (OS UN), bahwasanya nilai UN tidak dapat dijadikan penentu kelulusan siswa.

Tiga penentu tersebut yakni siswa harus menyelesaikan proses pendidikan dari tahun pertama belajar hingga berakhirnya masa pendidikan khususnya untuk semester satu hingga semester lima. Kedua nilai mata pelajaran yang baik termasuk nilai Ujian Sekolah (US), dan yang ketiga tingkah laku siswa sangat menentukan.

Baca:  Gubernur Ajak Siswa Budayakan Kejujuran

Jadi penentu kelulusan siswa dikembalikan pada sekolah itu sendiri. Meski UN tidak lagi menjadi penentu kelulusan, tapi semua siswa diminta tetap rajin belajar dan beretika yang baik terhadap guru dan siswa lainnya. Kita target lulus 100 persen, sama seperti total kelulusan tahun 2014,” pungkasnya. #hen

x

Jangan Lewatkan

Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Stebis IGM Gandeng UIN

Palembang, BP— Meskipun baru berusia empat tahun, namun Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (Stebis) IGM Palembang terus melakukan akselerasi terobosan ...