Home / Palembang / Utilitas Ganggu Kelancaran Drainase

Utilitas Ganggu Kelancaran Drainase

Palembang, BP

Buruknya sistem penanaman kabel maupun pipa milik sejumlah instansi di Kota Palembang membuat pihak pengelola saluran kesulitas dalam proses pembersihan.

Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PU BM-PSDA) dalam waktu dekat akan mengusulkan instansi terkait untuk segera merapikan sendiri utilitas yang menghalangi saluran air.

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Banjir dan Drainase PU BM-PSDA Kota Palembang Ahmad Bastari mengatakan, pipa PDAM dan kabel Telkom sangat menumpuk di saluran air. Contohnya di Jalan Sudirman, penanaman pipa dan kabel tidak rapi dan sangat mengganggu kelancaran saluran air.

“Bisa dilihat, utilitas yang sangat banyak ini tidak rapi dipasang, bahkan berada di tengah-tengah saluran air. Nanti kami akan bahas ini agar pihak pemilik utilitas mau merapikan sendiri kabel dan pipa agar tidak mengganggu kelancaran drainase,” ujar dia, baru-baru ini.

Bastari menjelaskan akibat utilitas yang terlalu banyak, saluran kerap tersumbat, akhirnya menumpuk dan menutup arus air sehingga air meluap ke jalan. Pihaknya sendiri kerap disalahkan jika banjir, sementara instansi terkait yang juga bertanggung jawab terhadap banjir tidak pernah dipermasalahkan. #ren

x

Jangan Lewatkan

Pelayanan Mesti Berbasis IT

Palembang, BP — Pelayanan terpadu yang diberikan Kota Palembang saat ini sudah berbasis teknologi atau IT. Hal ini juga untuk memudahkan ...