Home / Pendidikan / Guru Resah Dana Sertifikasi Belum Cair

Guru Resah Dana Sertifikasi Belum Cair

Palembang, BP

Belum cairnya tunjangan sertifikasi triwulan pertama bagi pegawai negeri sipil (PNS) dan non-PNS hingga akhir April 2015, khususnya guru SMA/SMK sederajat di Sumatera Selatan, membuat resah para guru.

Tercatat di Sumsel ada sebanyak 5.858 guru PNS sertifikasi dan 1.168 guru non-pns sertifikasi. Serta profesi pengawas sebanyak 220 orang, tenaga fungsional 773 orang, tenaga khusus PNS 33 orang, serta non PNS 31 orang. Total sebanyak 8.083 orang yang layak mendapatkan tunjangan sertifikasi se-Sumsel.

Baca:  Lakukan Verifikasi Ulang Guru Honor di Sumsel

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Palembang Zulkarnain mengatakan, guru sangat mengeluhkan molornya pencairan sertifikasi tersebut. Terlebih, dana sertifikasi guru Sekolah Dasar (SD) sudah cair sejak awal April lalu.

“Hingga kini belum ada kepastian kapan akan cair. Kalau molor begini bikin guru resah dan bingung,” katanya, Senin (27/4).

Ia berharap Pemerintah Provinsi melalui Dinas Pendidikan Sumsel menanyakan ke Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengapa sertifikasi tunjangan guru SMA/SMK sederajat belum juga dicairkan.

“Jangan sampai pencairan triwulan pertama digabung dengan triwulan kedua, karena ini sangat merugikan guru,” tuturnya.

Baca:  Guru Ngaji TPA di Palembang Bakal Di Beri Gaji

Senada dikatakan Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Palembang I Gede Mandera. Menurutnya, awal April biasanya tunjangan sertifikasi triwulan pertama sudah cair. Namun kok hingga menjelang Mei belum. “Penundaan pencairan ini sangat meresahkan para guru,” ujarnya.

Masih kata Gede, di SMAN 3 Palembang ada sebanyak 69 guru yang menunggu pencairan sertifikasi triwulan pertama ini. “Kami berharap pencairan triwulan pertama tidak rapel,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs Widodo, MPd mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan berangkat ke Jakarta untuk meminta kejelasan pencairan sertifikasi guru SMA/SMK sederajat.

Baca:  Peraturan Diperketat, Pencairan Sertifikasi Terhambat

“Kita akan jemput bola. Dua hari ke depan kalau tidak ada perkembangan, kami akan menanyakan hal tersebut ke Kemendikbud,” ujarnya.

Ia berharap, pencairan bisa berjalan lancar dan tidak menemukan kendala yang berpotensi merugikan guru.

“Akan ditelusuri terlebih dahulu, kami akan menanyakan kepastian pencairan dana sertifikasi untuk guru SMA/SMK PNS dan non-PNS,” pungkasnya. O adk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Disdik Kecam Oknum LSM Lakin

Palembang, BP Kasus dugaan pengiriman vidio porno oleh oknum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dari Lembaga Anti Korupsi Indonesia (LAKIN) Muhammad Nizar Dungcik kepada ...