Home / Headline / Gubernur Ajak Siswa Budayakan Kejujuran

Gubernur Ajak Siswa Budayakan Kejujuran

DSC_0285Palembang, BP
Sebanyak 1.300 siswa mengikuti tryout (TO) Ujian Nasional tingkat SMP dan Mts yang diselenggarakan Harian Umum (HU) BeritaPagi dan Bimbingan Belajar Ganesha Operation (GO), di Aula SMKN 2 Palembang, Sabtu (25/4).

Di tengah kesibukannya, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin menyempatkan diri membuka kegiatan ini. Acara juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs Widodo MPd, Kadisdikpora Kota Palembang Ahmad Zulinto, jajaran Pimpinan BeritaPagi, Kepala Cabang Ganesha Operation Palembang Susi Lidyawati Ssi, MPd, beserta tamu undangan lainnya.

Gubernur berpesan kepada seluruh peserta agar mengerjakan soal demi soal dengan sungguh-sungguh. Mengingat Ujian Nasional SMP/sederajat tinggal menghitung hari lagi.

“Jadikan kegiatan TO kali ini sebagai belajar menjelang UN sesungguhnya. Kerjakanlah dengan sebaik mungkin, sehingga hasilnya juga baik. Budayakan dalam menjawab soal dengan jujur,” kata Alex.

Dengan kegiatan TO ini, kata Gubernur, diharapkan para pelajar SMP kelas IX akan lebih siap baik dalam segi pelajaran maupun mental dalam menghadapi UN, 4-7 Mei. “Dengan sering mengikuti TO seperti ini, siswa akan lebih siap, serta dapat mewujudkan Sumsel lulus 100% nantinya,” ujar Alex.

Baca:  1 April Soal UN Tiba di Provinsi

Gubernur menuturkan, target Sumsel bukan hanya lulus 100% saja. Tetapi mulai tahun ini, Sumsel akan menjalankan program yang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat yakni program Kuliah Gratis.

“Kalau untuk sekolah gratis sudah kita lakukan sejak saya menjabat sebagai Gubernur Sumsel. Kini akan kita tingkatkan lagi ke jenjang yang lebih tinggi yakni Kuliah Gratis yang rencananya akan di-launching 20 Mei,” tegas Alex.

Gubernur Alex berharap kelulusan murid pada Ujian Nasional nantinya benar-benar murni. “Kita ingin agar nantinya Sumsel umumnya, Palembang khususnya dapat menjadi barometer pendidikan bagi daerah lain,” tambah Alex.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Palembang Ahmad Zulinto mengatakan, tryout merupakan sebagian program Disdikpora Kota Palembang sebagai persiapan menghadapi Ujian Nasional tingkat SMP/ sederajat 2015.

“Kegiatan ini kita tujukan untuk siswa kelas IX dari SMP/sederajat lainnya mengingat dalam hitungan hari lagi akan mengikuti ujian nasional. Kita kali ini bekerja sama dengan BeritaPagi,” katanya.

Baca:  Naskah Soal UN Dijaga 24 jam

Pemimpin Redaksi BeritaPagi Iman Handiman menambahkan, kegiatan TO ini sebagai pelaksanaan salah satu fungsi media yakni pendidikan yang dikemas dalam bentuk off air. “Tryout ini bisa memberikan gambaran sementara mengenai kemampuan siswa menjawab soal ujian nasional. Ya, setidaknya untuk mengetahui kemampuan siswa menjawab benar soal yang diberikan,” kata Iman.

Menurut Iman, tryout juga bisa memetakan pendidikan sebagai dasar untuk lebih menyiapkan para siswa SMP dan MTs menghadapi UN. “Bagi siswa bisa mengukur kemampuan dan mengetahui kekurangan. Bagi sekolah, bisa mempertajam lagi pengajaran yang diperlukan. Misal menuntaskan pembelajaran dengan remedial jika siswa tak mampu menguasai pelajaran, dan memberi pengayaan bagi siswa yang sudah memenuhi ketuntasan.”

Sedangkan Kepala Cabang Ganesha Operation Palembang Susi Lidyawati Ssi, MPd, mengatakan, tryout awalnya hanya menargetkan 1.000 peserta. Namun, ternyata peserta melampaui target hingga mencapai 1.300 peserta. “Ini menunjukkan animo peserta besar. Kami mengucapkan terima kasih kepada Disdikpora Kota Palembang yang turut serta memfasilitasi kegiatan ini,” ujarnya.

Baca:  Sumsel Siap Gelar UN SMP

Susi menjelaskan, selain melakukan TO, peserta juga diberi motivasi tentang kiat sukses bisa lulus UN dan masuk SMA/SMK favorit.#adk

10 Besar Terbaik Peserta TO
1. M Alwan Azhari rata-rata 9.15 dari SMPN 9 Palembang
2. Rasyid Alwi A rata-rata 9.15 dari SMPN 1 Palembang
3. Primus Azra Alfarisi rata-rata 9.13 dari SMPN 9 Palembang
4. Ngakan Made Ramadipa rata-rata 9.07 dari SMPN 9 Palembang
5. Abdussalam rata-rata 9.02 dari SMPN 9 Palembang
6. Moh. Ikhwan A rata-rata 9.02 dari SMPN 9 Palembang
7. Kevin Ayu Yosandra rata-rata 9.02 dari SMPN 9 Palembang
8. Febita Sausan S rata-rata 9.02 dari SMPN 9 Palembang
9. M Hery Apriansyah rata-rata 8.98 dari SMPN 9 Palembang
10. Nur Rifdah Az Zahra rata-rata 8.96 SMPN 11 Palembang

x

Jangan Lewatkan

BPPD Sumsel Tonggak Perkembangan Pariwisata Sumsel

Palembang, BP Walaupun berusia 1 tahun, namun peran Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sumsel dinilai sebagai tonggak perkembangan pariwisata di ...