Home / Headline / Razia, Puluhan Miras Disita

Razia, Puluhan Miras Disita

Palembang, BP

BP/RIO ADI PRATAMA  RAZIA-Sejumlah anggota Pol PP Palembang saat menyita minuman beralkohol, di Jalan Perindustrian II, KM 9, Jumat (24/4).

BP/RIO ADI PRATAMA
RAZIA-Sejumlah anggota Pol PP Palembang saat menyita minuman beralkohol, di Jalan Perindustrian II, KM 9, Jumat (24/4).

Setelah dikeluarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 6 tahun 2015 ini tentang pengendalian dan pengawasan terhadap pengadaan, peredaran dan penjualan minuman beralkohol, Satuan Pol PP Kota Palembang bersama Disperindag Palembang menggelar razia, Jumat (24/4), pukul 21.00.

Razia yang dilakukan hingga pukul 00.00, seperti di Jalan Perindustrian II, KM 9, Kecamatan Sukarami Palembang, petugas berhasil menyita puluhan botol minuman keras (miras) berbagai jenis, mulai dari bir putih, bir bintang, vodka dan guiness dari beberapa pedagang kaki lima. Tidak hanya menyita di sana, namun beberapa cafe pun dikunjungi dengan maksud untuk memberikan sosialisasi mengenai Permendag tersebut. Memang banyak cafe yang belum memiliki izin untuk menjual minuman beralkohol ini, seperti di Cafe Mastaria dan Cafe Cindy yang berada di kawasan Tanjung Api-Api (TAA).

Baca:  Tak Kantungi Izin, Empat Dus Aneka Miras Disita

“Kalau tidak ada izin menjual minuman beralkohol itu jelas delarang. Sesuai Permendag Nomor 6 tahun 2015 yang dikeluarkan sejak 16 April lalu. Tetapi malam ini (kemarin-red) kedatangan kami untuk mengingatkan kepada pemilik-pemilik cafe,” ujar Sekretaris Pol PP Kota Palembang M Sabar, di sela-sela razia minuman beralkohol ini.

Masih dikatakan Sabar, untuk minuman beralkohol dengan kadar 5 persen dilarang. Namun, ada yang diperbolehkan seperti minuman beralkohol dengan kadar dibawah 0,5 persen.

Baca:  Ratusan Botol Miras Dilindas Alat Berat

“Jika saat razia rutin selanjutnya masih ada yang menjual miras dengan kadar diatas 5 persen langsung kita lakukan penyitaan. Sedangkan bagi penjualnya juga akan kita proses sesuai undang-undang yang berlaku,” jelasnya.

Barang hasil sitaan, dikatakan Sabar, nantinya akan dikumpulkan dan dimusnahkan. Dari hasil razia di beberapa pedagang kaki lima pihaknya berhasil melakukan penyitaan sebanyak puluhan botol miras.

Baca:  Walikota Minta Satpam Lubuklinggau Senyum

Sementara itu, Kabid Perdagangan Dalam Negeri (DPN) Disperindag Palembang Juni menjelaskan, Permendag yang baru dikeluarkan ini bertujuan untuk menyelamatkan generasi muda dari pengaruh buruk minuman beralkohol.

“Jadi miras yang kadarnya 5 persen tidak boleh diperjualbelikan. Saat ini kita terus melakukan sosialisasi mengenai larangan ini. Jadi saat ini masih kita berikan himbauan, namun jika tetap melanggar nanti dapat ditindak tegas,” pungkasnya.

#rio

x

Jangan Lewatkan

Pemprov Sumsel Panggil Pertagas

  Palembang, BP–Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memanggil PT Pertamina Gas (Pertagas) ke Griya Agung Palembang, Rabu (18/10). Pemanggilan ini terkait ...