Home / Headline / Apersi Siapkan Rumah Murah

Apersi Siapkan Rumah Murah

BP/IST Eddy Ganepo

BP/IST
Eddy Ganepo

Palembang, BP

Masih banyaknya masyarakat yang belum memiliki rumah membuat Asosiasi Pengembangan Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi) prihatin. Secara nasional, ada sekitar 15 juta kepala keluarga yang belum memiliki rumah.

Menurut Ketua Apersi Eddy Ganepo untuk di Sumsel sendiri ada sekitar 1,5 juta masyarakat Sumsel yang belum memiliki rumah. “Di Palembang lebih dominan tidak memiliki rumah. Justru itu mereka perlu dukungan pemerintah ,” katanya, Jumat (24/4). Pemerintah dengan program rumah subsidi Rp1 juta akan membantu masyarakat.

“Program ini akan di-launching 29 April oleh Presiden Jokowi di Surabaya. Uang muka rumah ini hanya 1% dari harga jual Rp110 juta. Kalau di Sumsel, dengan tipe 36 dan luas tanah tergantung daerah dan pengembang, Sumsel kebagian program ini,” katanya.

Pemerintah juga akan meluncurkan bantuan uang muka Rp4 juta namun terbatas untuk rumah subsidi ini. “Masyarakat tidak mampu mendapat subsidi uang muka. Ini solusi mereka karena masyarakat kita ini kurang rajin menabung, ada pula masyarakat yang tidak mampu mencicil namun ada uang muka membeli rumah murah maka pemerintah ada bantuan bunga murah 7, 25%,” tandasnya.

Selain itu, bunga diturunkan lagi jadi 5%, artinya dua sisi masyarakat tidak mampu uang muka dan tidak mampu mencicil akan terbantu. Apalagi semua rumah yang masuk katagori subsidi dan bagi konsumen penghasilan maksimal Rp4 juta bisa menikmati uang muka 1% termasuk masyarakat di Palembang. Pengembangnya ada dari Apersi dan REI.

Saat ini, pihaknya juga menyiapkan rumah termurah di Indonesia tipe 36 seharga Rp75 juta. “Saat ini, tinggal menunggu Izin Mendirikan Bangunan (IMB), yang berminat silahkan daftar. Sudah 70 orang yang mendaftar dari 80 unit yang disiapkan. Kalau banyak peminatnya kita tambah lokasinya di Sematang Borang,” kata Eddy. #osk

x

Jangan Lewatkan

Siswa SMP Ditusuk di Tengah Acara Hari Cuci Tangan Sedunia

Palembang, BP–Ratusan siswa menengah pertama yang tengah mengikuti Hari Cuci Tangan Sedunia di Kambang Iwak dikejutkan dengan terkaparnya Eric Valensia ...