Home / Bisnis / Impor Sumsel Meningkat

Impor Sumsel Meningkat

Palembang, BP

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumatera Selatan (Sumsel) mencatat adanya peningkatan nilai impor tahun ini dibandingkan tahun 2014. Impor Sumsel, didominasi oleh bahan baku penolong dan peralatan mesin pendukung operasional.

Nilai impor Sumsel Januari 2015, sebesar 64.552.864 dolar AS mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya di bulan yang sama hanya sebesar 29.406.146 dolar AS.

“Peningkatan impor ini dipicu oleh kebutuhan bahan baku penolong yang untuk meningkatkan nilai tambah produk ekspor Sumatera Selatan,” kata Kepala Disperindag Sumsel Permana melalui Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Disperindag Sumsel Ahmad Mirza, Kamis (24/4).

Baca:  Belum Pengaruhi Harga Sembako

Bahan baku penolong ini diperuntukkan untuk meningkatkan nilai tambah produk untuk diekspor ke negara lain. Salah satu contoh produk karpet celia yang diekspor ke luar negeri. Karpet ini dibuat dari daun pisang abaka yang diimpor dari Filipina. “Jadi untuk meningkatkan nilai tambah produksi perlu adanya impor, karena dengan nilai tambah tersebut dapat menghasilkan nilai ekspor yang lebih tinggi,” katanya.

Baca:  Luar Biasa, Pertumbuhan Ekonomi Sumsel Tahun 2017 Capai 5,3 Persen

Adapun jenis barang yang diimpor, di antaranya adalah mesin, pesawat mekanik, peralatan listrik, baja, pupuk, kayu, dan barang-barang lainnya. “Semua barang tersebut diimpor sebagai bahan pendukung. Peningkatan impor ini juga dipicu oleh mulai meningkatnya perekonomian di Sumsel,” katanya.

Barang-barang tersebut diimpor dari negara-negara seperti Cina, Amerika Serikat, Jepang, India, Singapura, Italia, dan beberapa negara lainnya. “Meskipun adanya peningkatan impor ini, kami tetap mengendalikannya. Sejak lima tahun terakhir ekspor Sumsel selalu surplus. Artinya nilai ekspor Sumsel jauh lebih tinggi dibandingkan dengan nilai impor,” katanya.

Baca:  Target Ribuan Tenant Ramaikan PGS

Misalkan saja, ekspor Sumsel ke Cina 830.878 dolar AS sedangkan impornya hanya 310.266 dolar AS dengan neraca 520.612 dolar AS. Hingga Juli 2014, nilai ekspor mencapai 446.566 dolar AS dan total impor mencapai 15.657 dolar AS dengan neraca 293.909 dolar AS.#pit

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

MT Telkomsel Bagi 1800 Takjil Gratis

Palembang, BP Mengedepankan semangat “Saatnya Berbagi dalam Keberagaman”, Majilis Taklim Telkomsel (MTT) Sumbagut memanfaatkan momentum Ramadhan untuk berbagi kebaikan dan ...