Home / Pendidikan / 20 Mei, Launching Kuliah Gratis

20 Mei, Launching Kuliah Gratis

Palembang, BP

Program Kuliah Gratis (PKG) yang dicanangkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, akan segera terealisasi dan di-launching pada 20 Mei mendatang. Kabari ini tentu menjadi angin segar bagi masyarakat, khususnya mahasiswa yang sudah menantikan janji Gubernur Sumsel H Alex Noerdin.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel Widodo mengatakan, meski dinamakan kuliah gratis, namun ada Program Studi (Prodi) tertentu yang menjadi persyaratan untuk mengikuti program ini.

“Prodi yang diprioritaskan yakni teknik, kesehatan, dan pendidikan. Untuk kesehatan serta pendidikan itu guna melanjutkan program yang sudah ada yakni berobat dan sekolah gratis. Jadi ketentuan bagi yang mengambil program tersebut bertujuan untuk meningkatkan sistem pendidikan dan kesehatan di Sumsel,” kata Widodo, Rabu (22/4).

Ia menjelaskan, untuk tahun pertama program ini akan menerima kuota sebanyak 2 ribu mahasiswa baru. Sejauh ini, pihaknya sudah membicarakan teknis program kuliah gratis ini dengan tiga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Sumsel yakni Universitas Sriwijaya (Unsri), Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah, dan Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) Palembang. Rencananya, pihak Perguruan Tinggi yang akan melakukan seleksi kemudian disetujui oleh Gubernur Sumsek. Bagi yang memenuhi kriteria, maka akan diusulkan untuk mendapatkan program ini.

“Peguruan Tinggi mempunyai hak untuk menentukan siapa yang mengambil prodi tersebut melalui jalur masuk ke Perguruan Tinggi masing-masing. Jika layak berhak mendapat kuliah gratis,” ujarnya.

Widodo menjelaskan, Pemprov Sumsel selain menggandeng Perguruan Tinggi di Sumsel, juga membuka rencana mengajak kerja sama Perguruan Tinggi di provinsi luar Sumsel, bahkan negara luar.

“Kita baru saja membahas program ini ketiga Perguruan Tinggi yakni Unsri, UIN Raden Fatah, dan Polsri. Sementara untuk kerjasama dari luar negeri itu negara Korea dan Cina,” tegasnya.

Menurut dia, kerja sama dengan kedua negara tersebut bertujuan untuk mengembangkan SDM dalam rangka dalam persiapan menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

“Jika nanti mereka berinventasi di Sumsel, maka SDM tersebut akan kita tarik. Jadi kita menggunakan putra daerah, bukan menarik dari luar. Untuk launching akan digelar di Palembang Sport Convention Centre (PSCC) Palembang sekitar pukul 14.00. Acara ini akan dibuka Gubernur Sumsel. Nantinya, setiap perwakilan Perguruan Tinggi akan diundang, juga tak ketinggalan partisi dan akademisi yang turut menyaksikan launching tersebut,” pungkasnya.

#kepala-dinas-pendidikan-provinsi-sumsel-widodo-300x168adk

x

Jangan Lewatkan

Marzuki Alie Tinggalkan Maaf ke IKA Unsri

Palembang, BP — Setelah menahkodai ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitae Sriwijaya masa bakti 2013-2017 akhirnya, tibalah Marzuki Alie lengser menyusul ...