Home / Bisnis / Uang Kertas Rp1.000 Tak Lagi Dicetak

Uang Kertas Rp1.000 Tak Lagi Dicetak

Palembang, BP

Bank Indonesia (BI) tidak lagi mencetak uang kertas pecahan Rp1.000 yang dilakukan sejak setahun lalu. Hal ini dilakukan karena nilai cetak uang (nilai extrinsic) lebih tinggi dibandingkan nilai sebenarnya.

Kepala Unit Sistem Pembayaran Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) Dadan M Sadrah mengatakan, sejak tahun lalu, BI tidak lagi mencetak pecahan Rp1.000 jenis kertas, namun sudah menggantinya dengan pecahan Rp1.000 dengan bahan logam.

“Untuk mencetak uang tersebut terlalu besar biayanya, sementara masa penggunaannya tidak berlangsung lama. Selain itu, uang pecahan ini paling sering digunakan, sehingga uang ini mudah rusak dan lecek. Untuk itu, BI menggantinya dengan uang berbahan logam,” katanya, Senin (20/4).

Meskipun uang pecahan Rp1.000 tidak lagi dicetak, uang yang sudah beredar di masyarakat masih tetap berlaku. Dengan ditariknya uang kertas pecahan Rp1.000, saat ini pecahan uang kertas yang paling kecil yang tersedia uang pecahan Rp2.000 dan ada juga Rp5.000.#pit

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Bank Sumsel Babel dan Pemkab PALI Teken Perjanjian Kredit Pinjaman Daerah Jangka Pendek

Tanpa mengurangi semangat dalam bekerja di hari kelima bulan puasa Ramadhan 1441 H dan tetap menerapkan social distancing, Pemerintah Kabupaten ...