Home / Headline / Pelabuhan 35 Ilir Terbengkalai

Pelabuhan 35 Ilir Terbengkalai

Palembang, BP

Saat ini, tak ada aktivitas di Pelabuhan 35 Ilir. Setelah tidak diperbolehkan truk bertonase di atas 5 ton meniti jalan di kawasan Gandus, kini aset pemerintah tersebut terbengkalai.

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Laut (Hubla) Angkutan Sungai dan Penyeberangan (ASDP) Dinas Perhubungan Kota Palembang Syafrudin mengatakan, pasca beroperasinya Pelabuhan Tanjung Api Api pernah ada pemasukan dari bongkar muat truk karet yang sebagian besar aktivitas angkutnya ke kawasan Gandus.

Baca:  Pusat Bangun Kilang Minyak Besar di TAA

Namun karena akses jalan, lambat laun terjadi kerusakan. Jalan pun tidak boleh dilalui lagi. “Rata-rata truk yang beraktivitas di atas 5 ton, ketika truk tidak boleh melintas di jalur yang biasa dilewati, praktis tidak ada aktivitas bongkar muat lagi di sini,” ujar dia, Senin (20/4).

Safrudin menjelaskan tidak ada pemasukan sama sekali dari pelabuhan ini semenjak truk dilarang melintas di kawasan Gandus, sebab tidak memungkinkan bagi pengusaha karet untuk bongkar muat menggunakan pick up. Mengingat biaya operasional akan tinggi jika menggunakan truk kecil.

Baca:  KEK TAA Buka Peluang Penggunaan SDA

Pihaknya tidak bisa berbuat banyak ketika pengusaha memilih untuk menyetop operasional bongkar di Pelabuhan 35 Ilir. Namun akan dilakukan rehab pelabuhan untuk dimanfaatkan sebagai gedung serba guna. Diharapkan nantinya fasilitas pemerintah ini dapat menghasilkan PAD. #ren

x

Jangan Lewatkan

Guru di Muba Belajar Sampai ke Australia

Perth, BP–Peningkatan kualitas guru dan implementasi kurikulum standar Internasional, bertahap mulai diterapkan di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Melanjutkan Lighthouse School ...