Home / Headline / JPO UMP Tak Berfungsi Maksimal

JPO UMP Tak Berfungsi Maksimal

Palembang, BP

Lemahnya kesadaran masyarakat akan bahaya kecelakaan lalu lintas jika menyeberang sembarangan masih terlihat di sejumlah wilayah di kota Palembang, meski telah disediakan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO).

Seperti halnya yang terlihat di JPO depan Kampus Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP), Jalan Ahmad Yani, Kecamatan SU II, para pejalan kaki lebih memilih menentang bahaya dengan menyeberang di bawah jembatan.

Akibatnya jembatan yang memang disediakan untuk pejalan kaki ini sepi dan hanya terlihat baliho yang menempel di kedua sisi jembatan. “Tidak takut, sebab sudah biasa. Cuma perlu lebih waspada saja saat menyeberang, karena kadang kendaraan melintas cukup ramai,” ujar Mirna, Minggu (19/4).

Baca:  UMP Janjikan 24 Finalis Berkesempatan Raih Beasiswa

Meski sudah menyadari bahaya jika menyeberang sembarangan, namun mahasiswi salah satu perguruan tinggi swasta di Kawasan Plaju ini tetap enggan menggunakan JPO.

“Kalau lewat jembatan, capek harus naik tangga dulu dan tanggung, karena jalan nya juga jadi lebih jauh,” kata warga Jalan Silaberanti ini.

Hal berbeda dengan Iksan, warga Kertapati yang turun dari bus kota dan memilih memanfaatkan jembatan untuk menyeberang jalan menuju Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang. “Tadi maunya langsung menyeberang tapi mobil lewat ramai, jadi khawatir juga. Maka pakai jembatan saja,” imbuhnya.

Baca:  Kasbi Tolak Sistem ‘Outsourcing’

Tak hanya itu, kondisi berbahaya juga diperkuat oleh pengendara sepedaDSCN0006 motor yang melintas dengan melawan arah setelah menyeberang dari depan kampus UMP ke depan kantor PJKA.

Sementara jembatan penyeberangan orang di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, terlihat betul-betul dimanfaatkan masyarakat. Pasalnya bila pejalan kaki yang hendak menyeberang akan kesulitan bila tidak menggunakan JPO.

Baca:  Gubernur Belum Tandatangan Draf UMP Tahun 2018

Karena selain arus lalu lintas jalan yang cukup padat, juga antara dua bagian jalan terdapat terdapat pembatas. #ris

x

Jangan Lewatkan

Alex Noerdin Melaunching Program S2C

Palembang, BP—Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin resmi melaunching program Sumsel Smart and Care (S2C). S2C merupakan inovasi proyek perubahan ...