Home / Bisnis / Investor Perhotelan Kembali Menggeliat

Investor Perhotelan Kembali Menggeliat

Palembang, BP

Sejak pemerintah kembali mengendurkan kebijakan larangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) mengadakan rapat atau acara kedinasan menggunakan fasilitas hotel, membuat minat investor untuk membangun hotel baru kelas bintang juga non bintang di Palembang kembali menggeliat.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan Herlan Asfiudin mengatakan, setelah adanya surat edaran baru dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN dan RB) yang membolehkan PNS melakukan rapat di hotel dengan persyaratan tertentu, minat investor untuk membangun hotel baru kembali meningkat.

Baca:  Novotel Tambah Fasilitas 'Chapel'

“Beberapa waktu terakhir ada sejumlah investor yang berminat membangun hotel baru kelas bintang, padahal sebelumnya cukup banyak yang membatalkan niatnya seiring dikeluarkannya kebijakan (Menpan dan RB) yang melarang PNS rapat di hotel pada akhir 2014 lalu,” katanya.

Selain dipengaruhi mengendurnya kebijakan larangan bagi PNS rapat di hotel, meningkatnya minat investor membangun hotel di Kota Palembang didukung juga dengan akan digelarnya Asian Games 2018. “Jumlah kamar yang dimiliki dari 140 hotel bintang dan non bintang sekitar 7.000 kamar. Untuk menghadapi Asian Games yang diperkirakan akan dihadiri lebih dari 10 ribu atlet, official, dan tamu undangan. Sehingga diperlukan penambahan kamar dengan cara pengembangan hotel yang ada dan membangun hotel baru,” katanya.

Baca:  Izin Operasi Tower Crane Hotel Ibis Dicabut

Sementara itu, dengan pengenduran kebijakan tersebut, kini menjadi angin segar karena pihak hotel dapat meraup pemasukan dari pelaksanaan acara, seminar, dan rapat pemerintah. Meski keran sudah dibuka kembali oleh pemerintah, pihak hotel akan lebih diawasi dalam membuat kontrak kerja dengan instansi pemerintah.

“Sementara ini, pemerintah secara resmi menunjuk PHRI untuk mengawasi hotel dan restoran. Jadi, jika ada kongkalikong antara hotel dan PNS untuk penggelembungan harga maka tidak segan-segan kami laporkan,” katanya.#pit

x

Jangan Lewatkan

Malaysia Beri Diskon Belanja Hingga 75 Persen

Palembang, BP Menggaet wisatawan untuk datang ke Malaysia digelar mega sale Malaysia Shopping Heaven 2017″ periode 1 November-31 Desember 2017 ...