Home / Palembang / Sumsel Segera Miliki STP

Sumsel Segera Miliki STP

Palembang, BP

Pemerintah pusat menargetkan akan membangun 100 Science Techno Park (STP) dalam lima tahun ke depan. Sebanyak 100 kawasan dipilih oleh pemerintah pusat untuk menjadi sentra inovasi dan sumber pertumbuhan ekonomi, salah satunya di Sumsel.

Staf Ahli Bidang Pangan dan Pertanian Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Benyamin Lakitan mengatakan, pemeritah pusat menyerahkan Balai Agro Teknologi kepada Pemprov Sumsel untuk dikembangkan menjadi STP.

Setiap STP yang dibangun, akan berbeda-beda di setiap wilayahnya, tergantung dengan kondisi, potensi, dan kelebihan daerah itu sendiri. “Kalau rencana dulu yang sempat terhambat, sistemnya pemerintah pusat menawarkan apakah suatu daerah akan membangun STP atau tidak. Sekarang tidak seperti itu. Pemerintah pusat menunjuk daerah untuk membangun STP. Pemerintah daerah yang akan mengembangkannya, dan pemerintah pusat membantu,” tuturnya usai pertemuan dengan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Kamis (16/4).

Rencananya, STP di Sumsel akan dibangun di lahan 100 hektar lebih yang berada di Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muaraenim, yang sebelumnya adalah Agro Techno Park. Potensi kedaerahan yang akan fokus dikembangkan oleh STP ini adalah bidang peternakan. Pemerintah pusat akan mengalihkan pengelolaan dan aset di atas lahan tersebut, yang sebelumnya fokus di pertanian, ditambah bidang peternakan.  #idz

x

Jangan Lewatkan

Tanpa Strategi Khusus, Harnojoyo-Fitrianti Agustinda Yakin Menang

Palembang, BP–Pasangan calon petahana Walikota dan Wakil Walikota Palembang, Harnojoyo dan Fitrianti Agustinda, mengaku tidak mempersiapkan strategi khusus untuk memenangkan ...