Home / Palembang / Ribuan Meter Kabel ‘Underpass’ Hilang

Ribuan Meter Kabel ‘Underpass’ Hilang

Palembang, BP

Fasilitas umum di Kota Palembang belum terawasi dan dijaga masyarakat selaku pemakai. Buktinya, sekitar 1.500 meter kabel lampu jalan underpass Simpang Patal hilang tanpa jejak.

Dugaan pencurian fasilitas di terowongan underpass sudah tiga kali terjadi. Awalnya kabel hilang sepanjang 350 meter, tiga hari berikutnya hilang 300 meter dan hilang lagi 850 meter, baru-baru ini.

“Kami sudah tiga kali kehilangan kabel lampu jalan, total sekitar 1.500 meter. Dugaan sementara, kabel sengaja dicuri oknum tidak bertanggung jawab,” kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Underpasss Harun Nurrasyid, Rabu (15/4).

Harun mengakui kejadian ini baru diketahui petugasnya saat memeriksa kabel pada median jalan untuk dipasang. Kabel-kabel yang dicuri tersebut cukup besar yakni berdiameter 5 inci.

Harun menyayangkan hal ini, underpass belum diresmikan dan baru sebulan dibuka untuk umum. Pihaknya ingin agar Palembang lebih terlihat cantik dan indah, namun tidak didukung oleh pihak tertentu yang diduga sengaja mencuri fasilitas umum ini.

Tindakan ini tidak hanya merugikan pemerintah selaku pembuat proyek namun juga masyarakat karena uang yang digunakan bersumber dari masyarakat.

“Kabel-kabel ini diduga dicuri malam hari. Dilihat dari bekasnya, kabel itu dipotong tepat di tiang listrik. Kabel-kabel tersebut belum berfungsi karena belum ada aliran listriknya. Ini yang membuat para pencuri berani memotong kabel,” kata Harun. #ren

x

Jangan Lewatkan

Kemplang Tunu Beromzet Puluhan Juta

Siapa tak kenal makanan lokal satu ini. Meski tidak setenar pempek, nyatanya kemplang tunu sudah lama ada dan digemari. Bahkan ...