Home / Bisnis / Sharp Rambah Pasar ‘Smartphone’

Sharp Rambah Pasar ‘Smartphone’

Palembang, BP

Perusahaan elektronik Sharp mulai merambah pasar smartphone untuk mendongkrak penjualan yang sempat turun akibat komoditas melemah. Branch Manager Sharp Palembang Yan Theodore mengatakan, meskipun tujuh tahun lalu Sharp pernah memasarkan handphone di Indonesia, namun tidak terlalu menarik pasar.

“Kita mencoba kembali memasarkan smartphone Sharp dan diharapkan dapat mendongkrak penjualan Sharp,” katanya. Menurut dia, di triwulan pertama ini, penjualan Sharp turun 20 persen se-nasional di bandingkan triwulan tahun lalu.

Sementara penjualan se-Sumbagsel turun 40 persen. Pihaknya mengakui hal ini karena komoditas sedang lemah. Sementara target penjualan masih seperti tahun lalu sebanyak Rp45 miliar per bulan untuk Sumatera Selatan (Sumsel) dan Bangka Belitung (Babel). Sehingga smartphone Sharp menjadi strateginya untuk bisa mendongkrak penjualan.

Smartphone Sharp Aquos Crystal akan segera di-launching di Jakarta, yang berbasis smartphone android. Tampilan tipis, baterai tahan lama, light emitting diode (LED) sangat terang karena menggunakan panel produksi Sharp sendiri. Selain itu, layar 5 inch dihargai sekitar Rp5 juta.

Diperkirakan bulan depan, menurut dia, Sharp Aquos pun selain akan segera masuk di Jakarta, juga akan masuk di pasar Palembang. Pihaknya optimis dengan pasar Palembang khususnya, meskipun handphone merupakan backbone di Jepang. Sementara di Palembang, didominasi oleh penjualan kulkas, dengan permintaan cukup tinggi sekitar 5.000 unit per bulan. Dari jumlah tersebut, sebesar 90 persen segmen low atau pemilihan kulkas satu pintu.

Sejak Januari lalu, Sharp mulai menaikkan harga sekitar 3-5 persen. Hal ini karena tingginya pergerakan dolar yang mencapai 13.000, sementara suku cadang dan komponen masih impor. “Sejak tahun lalu, komponen harga naik 50 persen. Meskipun sudah menaikkan harga, namun sebenarnya kita masih rugi. Kita tidak bisa menaikkan secara signifikan. Sementara nilai tukar rupiah tidak bisa direm,” katanya.

Kantor Sharp sendiri tidak lagi berada di Jalan Rajawali, melainkan berpindah ke Jalan Veteran (Depan GraPARI Telkomsel).#pit

x

Jangan Lewatkan

Kinerja Jamkrida Sumsel Positif

Palembang, BP–Meski beroperasi di Kota Palembang baru sekitar 2,5 tahun, PT Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Sumatera Selatan (Sumsel) menunjukkan performa ...