Home / Bisnis / Ekspor Sumsel Menurun

Ekspor Sumsel Menurun

Palembang, BP

Secara umum, ekspor Indonesia di bidang karet asal Sumatera Selatan (Sumsel) termasuk yang mendominasi. Namun saat ini ekspor komoditas tersebut di Sumsel menurun 10 persen di bandingkan tahun sebelumnya. Pasalnya, saat ini banyak negara baru penghasil karet yang juga memasarkan produksinya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumsel Permana melalui Kabid Perdagangan Luar Negeri Achmad Mirza mengatakan, komoditas karet menjadi bahan ekspor unggulan bagi Sumsel khususnya. Namun saat ini karena terdampak dari persaingan pasar global, mengakibatkan karet menumpuk dan membuat harga pasar di Indonesia khususnya Sumsel rendah.

“Tren ekspor Sumsel saat ini menurun sekitar 10 persen dari tahun sebelumnya. Dampaknya perekonomian menurun, dan secara tidak langsung pendapatan petani melemah dan juga laju pertumbuhan ekonomi terhambat,” katanya, Selasa (14/4).

Berdasarkan data yang dimiliki oleh Disperindag Sumsel, ekspor karet 2013, sekitar 1.056.517 ton atau 2.705.493 dolar AS. Tahun 2014 hingga bulan Oktober 893.256 ton atau 1.651.669 dolar AS.#pit

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Komunitas Innova Kampanyekan BBM Beroktan Tinggi

Palembang, BP Innova Community Chapter Palembang menjajal keunggulan Pertamax, Dexlite, dan Pelumas Fastron selama 4 hari Touring jelajah Kota Pusako ...