Home / Pemerintahan / Pemprov Kejar Insentif Daerah Rp20 M

Pemprov Kejar Insentif Daerah Rp20 M

Palembang, BP

Pemprov Sumsel berupaya mendapatkan kembali Dana Insentif Daerah (DID) dari Kementerian Keuangan yang sejak tiga tahun tak diterima. Sejak 2012, tidak lagi mendapat DID yang diberikan sebesar Rp20 miliar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel Mukti Sulaiman mengatakan, pihaknya akan bekerja keras mendapat DID di tahun selanjutnya. DID diperlukan sebagai tambahan atau penunjang anggaran untuk pembangunan di daerah.

Baca:  Tingkatkan Investasi, Pemprov Kerja Sama Malindo MBCC

Diakui Mukti, terhalangannya Pemprov Sumsel mendapat DID selama tiga tahun, karena setiap tahunnya Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan pedesaan pada masyarakat Sumsel tak meningkat signifikan. Begitu pun pengelolaan keuangan yakni Opini Penilaian Keuangan (OPK) dari Badan Pemeriksaan Keuangan juga belum mencapai Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) namun hanya mendapat predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

Baca:  Pemprov Jamin PHK Massal Tak Terjadi di Sumsel

“Hal ini akan terus kita perbaiki. Setiap pekan kita akan selalu rutin mengumpulkan SKPD untuk membahas dan mengevaluasi hal ini,” tuturnya, Jumat (10/4).

Menurut Mukti, DID ke depannya wajib dikejar dan dipertahankan karena merupakan bonus dari pemerintah pusat atas prestasi dan keberhasilan daerah di bidang pengelolaan keuangan dan pendidikan kepada masyarakat pedesaan.

Baca:  Pemprov Buka Seleksi Terbuka 16 JPT Pratama

“Sumsel terakhir mendapat DID tahun 2011, setelah itu tidak pernah dapat. Jajaran pemprov akan memperkuat kembali koordinasi terutama memperbaiki APK pendidikan pedesaan supaya DID bisa diraih tahun mendatang,” tuturnya, Jumat (10/4). #idz

x

Jangan Lewatkan

Ma’ruf Cahyono: Mahasiswa Harus Menjadi Pelopor Pelaksanaan Pancasila

Palembang, BP—Sesjen MPR RI Ma’ruf Cahyono mengajak  mahasiswa untuk benar-benar menerapkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.  Karena,  cara terbaik menjaga dan ...