Home / Pendidikan / Siswa Berprestasi Bersaing ke Tingkat Provinsi

Siswa Berprestasi Bersaing ke Tingkat Provinsi

Palembang, BP

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadisdikpra) Kota Palembang, Ahmad Zulinto mengatakan, siswa yang mengikuti tahapan seleksi ke tingkat kota yaitu, untuk tingkat SD sebanyak 96 siswa, SMP (192 siswa), dan SMA (192 siswa).

“Kita hari ini (kemarin, red) melakukan seleksi siswa berprestasi yang sebelumnya sudah menjadi perwakilan siswa berprestasi setiap kecamatan yang ada di Kota Palembang. Masing-masing jenjang nantinya akan mewakili satu siswa/wi untuk bersaing di tingkat Provinsi,” katanya di sela-sela pembukaan siswa berprestasi Kota Palembang tingkat SD/MI SMP/Mts dan SMA/MA tahun 2015, di Aula SMK Negeri 6 Palembang, Selasa (7/4).

Ia menjelaskan, para siswa berprestasi tingkat kecamatan ini nantinya sebelum dinobatkan sebagai siswa berprestasi Kota Palembang, para peserta akan melalui beberapa tahapan. Diantaranya, dari sisi akademis harus memenuhi persyaratan seperti, menguasai beberapa pelajaran umum, keterampilan atau bakat yang dimiliki, perilaku, sikap, serta portopolio, atau berkaitan piagam-piagam yang menunjang.

“Untuk penilaian sendiri ada tim independen kecamatan yang berkoordinasi langsung dengan setiap Unit Pelaksanaan Teknis Dinas (UPTD) masing-masing kecamatan,” ujarnya.

Lebih lanjut Zulinto menjelaskan, kegiatan ini rutin digelar tiap tahun. Tetapi khusus tahun ini, metode seleksi siswa berprestasi dimulai dari tingkat kecamatan. Pihaknya menilai sangat efisien dalam merangkul semua sekolah untuk ikut bersaing dalam prestasi. Selain itu juga bisa menjadi motivasi antar pelajar untuk jadi pelajar yang terbaik. “Bisa saling memotivasi dan berupaya meningkatkan kualitas akademik,” tegasnya.

Sementara itu, ketua panitia seleksi siswa berprestasi, Jonson Liberty menyebutkan seleksi siswa berprestasi dilakukan selama tiga hari dan yang terpilih mewakili kota Palembang maju ke tingkat provinsi akan diumumkan pada Kamis (9/4). “Kami berharap perwakilan Palembang nantinya akan menang ke tingkat provinsi dan mewakili kompetisi ke tingkat nasional,” pungkasnya.

#adk

x

Jangan Lewatkan

UKB Incar Akreditas A di Tahun 2020

Palembang, BP — Sebagai salah satu kampus swasta terkemuka di Palembang, Universitas Kader Bangsa (UKB) terus melakukan upaya peningkatan kualitas ...