Home / SFC / QNB League Pakai Vanishing Spray

QNB League Pakai Vanishing Spray

Palembang, BP

Penggunaan alat bantu ‘vanishing spray’ di banyak kompetisi Eropa sampai juga ke Indonesia. Saat Sriwijaya FC menjamu Pelita Bandung Raya pada laga perdana Qatar National Bank (QNB) League di Stadion Gelora Sriwijaya, Sabtu (4/4), wasit menggunakan alat bantu berupa cat semprot.

Alat semprot tersebut berfungsi sebagai penanda jarak antara pagar hidup dan posisi bola tendangan bebas. Tanda serta garis putih yang dihasilkan vanishing spray akan hilang dengan sendirinya setelah lebih kurang satu menit.

“Alat ini membantu kinerja wasit dalam memimpin pertandingan. Itu sebuah kemajuan,” nilai Asisten Pelatih SFC Hendri Susilo, Senin (6/4).

Vanishing spray menjadi salah satu cerita keberhasilan Brasil menggelar Piala Dunia 2014. Alat semprot tersebut berfungsi sebagai penanda jarak antara pagar hidup dengan posisi bola tendangan bebas. Tanda serta garis putih yang dihasilkan vanishing spray akan hilang dengan sendirinya setelah lebih kurang satu menit.

Setelah gelaran Piala Dunia, banyak kompetisi domestik di Eropa ikut memakainya. Termasuk Premier League, Serie A, dan Liga Champions.

Vanishing spray diciptakan oleh orang Brasil bernama Heine Allegmagne dan pertama digunakan di Belo Horizonte pada tahun 2000 lalu. Setelah mendapatkan paten atas temuannya itu, vanishing spray kemudian menjadi lebih populer setelah digunakan di Liga Brasil dan Argentina. O zal

x

Jangan Lewatkan

Bek MU Berikan Lampu Hijau Buat SFC

Palembang, BP Manajemen Sriwijaya FC terus bergerilya mendapatkan pemain-pemain yang masuk dalam skuad Laskar Wong Kito musim 2018.   Isu ...