Home / Hukum / Embat Walet, 2 Sahabat Bonyok Dihajar Warga

Embat Walet, 2 Sahabat Bonyok Dihajar Warga

0704.23.Walet.edo

WALET – Dua tersangka pencuri sarang burung wallet diamankan di Polres Muba berikut barang bukti hasil kejahatan, Minggu (5/4).

Sekayu, BP
Feri Sanurdi (24), warga Desa Bruge dan Adi Saputra (23), warga Desa Bandar Jaya merupakan sahabat karib yang tumbuh besar bersama.

Sayangnya, persahabatan ini justru menumbuhkan persekongkolan jahat. Akibatnya, keduanya ditangkap warga dan dihajar massa karena tertangkap mengembat sarang brung walet milik Rustam Bin Abdullah (52), warga Perum Pemda.

Peristiwa pencurian itu terjadi pada Minggu (5/4), sekitar pukul 02.30, di Jalan Peltu Yusuf, Ulak, Kelurahan Serasan Jaya, Kecamatan Sekayu, Kabupaten Muba.
Tertangkapnya dua sahabat ini saat mereka dipergoki pemilik sarang walet yang sengaja melakukan kontrol.

Baca:  Nekat, Pencuri Jebol Kantin Polresta Palembang

Aksi keduanya dilihat Rustam. Ketika sang pemilik hendak melihat sarang walet miliknya. Korban melihat sesuatu yang mencurigkan yakni dua pasang sandal tergeletak di depan gedung miliknya.

Merasa curiga akan dua pasang sandal tersebut, Rustam langsung mengeceknya dan ternyata benar dugaan korban; di dalam gedung ada dua orang tak dikenal tengah memanen sarang walet miliknya.

Merasa kesal akan aksi dua pencuri tersebut, sang korban segera memanggil warga sekitar. Selang berapa lama sejumlah warga datang mengepung kedua pelaku pencuri.
Sejumlah warga tersebut berteriak dan alhasil kedua pencuri ketakutan serta mencoba melarikan diri.

Baca:  Pencuri Disergap di Depan Kafe

Akan tetapi karena warga telah mengepung tempat tersebut, akhirnya kedua sahabat itu ditangkap dan dihajar massa hingga babak belur.

Kapolres Muba AKBP Ahmad Ihsan melalui KBO Satreskrim Polres Muba Iptu Dedi Harianto mengatakan, peristiwa itu berlangsung sekitar pukul 02.30.
Modusnya kedua pelaku memanjat pagar setinggi lebih dari satu meter, lalu naik ke gedung tersebut dengan menggunakan bambu dan tali tambang.

“Setelah mereka memanjat dan mulai memanen sarang walet, pemilik memergoki kedua pelaku tengah memanen sarang walet miliknya, mereka ditangkap ketika warga telah mengepung lokasi tersebut,” kata Dedi ketika dikonfirmasi, Senin (6/4).

Baca:  Ingin Mabuk, Boy Bobol Warung

Beruntung pada saat kejadian pihak kepolisian berada di lokasi dan kedua pelaku langsung diamankan beserta barang bukti.

“Dari penangkapan kedua pelaku berhasil diamankan BB sarang walet untuk sampel seberat satu ons, tali tambang, bambu dan dodos untuk memanen sarang walet. Mengenai penjualan sarang walet sendiri, saat ini masih dalam penyelidikan lebih lanjut,” ungkapnya.

Sementara itu, menurut pengakuan pelaku Feri, dia baru satu kali mencuri sarang walet tersebut. “Saya baru satu kali mencuri sarang walet ini, karena banyak keperluan ekonomi,” katanya singkat. #arf

x

Jangan Lewatkan

Petani Tewas Ditembak Pencuri

Muarabeliti, BP–Diduga memergoki aksi pencurian, Koni (49) tewas dengan luka tembak di dada dan luka bacok di kepala. Peristiwa yang ...