Home / Hukum / Pacaran Lewat FB, Rp17 Juta Raib

Pacaran Lewat FB, Rp17 Juta Raib

0604.23.penipuan.edo

PENIPUAN – Ida Wahyuningsih yang menjadi korban penipuan melapor ke SPKT Polresta Palembang, Sabtu (4/4).

Palembang, BP
Kasus yang dialami Ida Wahyuningsih (23) memang cukup baru. Dia menjadi korban penipuan dengan modus dipacari oleh seseorang yang dikenalnya melalui media sosial facebook.

Kasus ini terungkap setelah Ida yang tinggal di Jalan Abi Kusno Cs, RT15, RW03, Nomor 996, Kelurahan Kertapati Kecamatan Kertapati, Palembang, mendatangi Sentral Pelayanan Kepolisian terpadu Polresta Palembang untuk melaporkan peristiwa yang dialaminya.

Kepada petugas, korban mengakum kejadian yang dialaminya bermula saat dirinya mengenal seorang pria yang mengaku anggota polisi yang sedang berdinas di Kota Padang Sumatera Barat.

Kendati belum mengenal secara pasti dan belum pernah bertemu, keduanya mengaku telah menjalin hubungan pacaran.

“Kalau di facebook namanya Irfan Tono Gutian, setelah berkenalan dia ngajak berpacaran dan mengaku polisi. Dia tampaknya serius dan ingin segera menemui saya dan melamar saya. Saat itulah dia meminjam uang pada 11 Maret lalu sebesar RP17 juta secara bertahap hingga 27 maret lalu. katanya untuk ongkos ke Palembang untuk melamar bersama keluarganya,” kata Ida kepada petugas, Sabtu (4/4).

Menurut Ida, pacarnya tersebut akan segera mengembalikan setelah sampai ke Palembang. Namun apalah daya, dirinya telah termakan bujuk rayu sang pacar karena yang dijanjikan tak kunjung tiba serta uang yang dipinjam pun raib.

“Saya baru sadar jadi korban penipuan saat nomornya sudah tidak aktif lagi saat saya menghubungi, Facebook-nya masih aktif dan pesan saya tak dibalas-balas. Padahal uang itu sebagian punya orang, saya dapat pinjam,” tukasnya.

Kasat Reskrim Kompol Suryadi membenarkan bahwa laporan korban sudah diterima. “Kita menghimbau untuk masyarakat jangan mudah percaya dengan perkenalan melalui jejaring sosial seperti facebook. Apalagi pelaku mengaku polisi. Akan kita selidiki apakah pelaku benar polisi atau tidak yang pasti laporan sudah diterima,” katanya. #bel

x

Jangan Lewatkan

Petani Tewas Ditembak Pencuri

Muarabeliti, BP–Diduga memergoki aksi pencurian, Koni (49) tewas dengan luka tembak di dada dan luka bacok di kepala. Peristiwa yang ...