Home / Pendidikan / UN CBT Terancam Jemput Bola

UN CBT Terancam Jemput Bola

Palembang, BP

Ujian Nasional (UN) khususnya penyelenggara UN Computer Based Test (CBT), tak terasa sekitar dua pekan lagi tepatnya dari tanggal 13-21 April. Hingga saat ini, masih menemukan kendala yang sangat berarti khususnya dalam proses download soal.

Kendala tersebut bisa terjadi karena server panitia pusat tidak bisa mengirimkan data-data soal. “Ya, hal yang paling dikhawatirkan yaitu UN CBT di Sumsel. Kalau memang sampai Senin (6/4), tetap saja server di pusat masih mengalami gangguan, terpaksa dalam pelaksanaan UN CBT mendatang terpaksa jemput bola. Karena UN CBT ini tetap harus dilaksanakan tahun ini,” kata, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Widodo, Minggu (5/4).

Ia juga menjelaskan, besok (hari ini, red) pihaknya akan menghadap ke panitia pusat untuk meminta kejelasan terkait masalah yang terjadi pada server panitia pusat.

“Karena hal ini jangan sampai dibiarkan berlarut-larut, kita takutkan ini dapat merugikan siswa, kalau khawatir tentu kami sangat khawatir,” ujarnya.

Widodo mengungkapkan, kemungkinan besar apabila tidak ada jalan keluar terkait persoalan server Kemendikbud yang ‘ngadat’, pihaknya akan mengambil data-data soal UN CBT secara manual dengan menyimpan data tersebut ke dalam soft copy atau hal terburuk memakai flashdisk.

“Ya, kalau belum ada kejelasan juga nantinya, kami akan mengambil data secara manual atau jemput bola soal-soal UN khususnya CBT. Walaupun demikian kita Sumsel tetap harus mengadakan UN CBT. Itu hal terburuk yang terjadi nantinya, tidak mungkin lagi kita melakukan UN Paper Based Tes (PBT),” ungkapnya.

Masih kata Widodo, akses download soal yang terkendala ini bukan hanya Sumsel saja yang mengalami gangguan tetapi dialami seluruh provinsi. Nah, hal inilah yang membuat pihaknya khawatir.

“Kalau terlalu berisiko lebih baik ikut UN PBT, karena seluruh provinsi pasti akan mengurus kendala tersebut dan tentu akan memakan waktu,” keluhnya. #adk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Jurus Jitu Menulis Bareng BungFK

Palembang, BP Tak bisa dipungkiri, fenomena literasi saat ini membuktikan bahwa minat menulis di tataran generasi muda terutama mahasiswa belakangan ...