Home / Kalam / Lebih Dekat / Siap Membangun Komunikasi Dengan Media

Siap Membangun Komunikasi Dengan Media

Humas Pemerintahan merupakan bagian yang sangat penting dalam pemerintahan untuk menyelenggarakan good government dan good governance terutama bagi Pemprov Sumsel sendiri.

Untuk itu, komunikasi dan sinergitas sangat diperlukan terutama untuk kalangan pers di provinsi Sumsel , yang mengusung program pro rakyat sekolah dan berobat gratis di tambah program kuliah gratis.

Karena Komunikasi dan sinergitas merupakan jembatan untuk menyatukan semuanya terutama di pemerintahan daerah, agar kehumasan pemerintahan tidak jalan secara masing-masing sehingga tercapai transparasi dalam penyelenggaraan pemerintahan yang efisien dan efektif.

Bagaimana seorang M Zaki Aslam Sip Msi yang kini menjabat sebagai Kabag Protokol Pemprov Sumsel dan juga menjabat sebagai Plt Kepala Biro (Karo) Humas Dan Protokol Pemprov Sumsel yang baru seumur jagung ini mengimplementasikan fungsi humas di Pemprov Sumsel. Berikut wawancara Wartawan koran Harian Umum Beritapagi, Dudy Oskandar dengan seorang Zaki Aslam yang merupakan alumni STPDN tamat tahun 1997 dan bapak dua anak ini, pekan lalu di ruang kerjanya.
Tanya (T) : Bagaimana Anda mengimplementasikan fungsi humas dikaitkan dengan program-program Pemprov Sumsel ke depan?

Jawab (J) : Yang pasti ini tugas beratlah bagi kami karena ini adalah pekerjaan sangat baru yang pernah saya terima, memang perlu dukungan semua pihak baik dari kantor maupun dari rekan-rekan media keseluruhan. Artinya memang diperlukan komunikasi yang baik, koordinasi yang baik ke depan, yang pasti untuk mengedepankan program-program pembangunan, program-program kegiatan provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

T : Rencana ke depan, apa yang akan Anda lakukan ?

J` : Yang pasti membangun komunikasi dan kerjasama dengan rekan-rekan media, karena memang keprotokolan sudah bisa berjalan Cuma karena kehumasan ini, hal yang baru bagi saya jadi perlu komunikasi, koordinasilah dengan semua pihak yang terkait di bidang kehumasan.

T : Kadang wartawan dengan pemprov sering kali terjadi benturan terkait pemberitaan, bagaimana menghadapi hal ini ke depan?
J : Sebagaimana yang pernah disampaikan oleh pak Gubernur, ya bersama-sama lah kita membuat Sumsel lebih maju, lebih baik, yang pasti membuat keadaan atau kondisi Sumsel kondusif, jadi bersama-sama dengan media inilah mempublikasikan Sumsel layak untuk diperhitungkan, layak dalam hal investasi dan sebagainya.
T : Artinya komunikasi dengan rekan-rekan wartawan sudah baik?
J : Ya , selama ini rata-rata wartawannya masih kawan-kawan lama , jadi , ya mudah-mudahan komunikasi ke depan tambah baik, tambah bagus.

T : Kalau anda menilai, pak Gubernur menilai rekan-rekan media ini sebagai apa ?
J : Ya sebagai mitra, karena media ini suatu wadah untuk memberikan informasi kepada dunia luar atau khalayak untuk hal-hal atau perencanaan , kemudian keberhasilan-keberhasilan yang sudah dilaksanakan di Provinsi Sumsel.

T` : Di Sumsel khan sudah ada forum pimred, ke depan apakah ada wadah lain seperti itu?
J : Ya , harus memang. Kita ini khan staf-stafnya Gubernur, hal-hal terbaik yang sudah dilakukan diprogramkan harus kita teruskan bahkan harus ditingkatkan dengan berbagai program kegiatan lain lah.

T : Bagaimana perasaannya ditunjuk sebagai Plt Kepala Biro (Karo) Humas Dan Protokol Pemprov Sumsel?
J : (Tertawa) Iya ….pasti kaget lah karena kita diberikan jabatan lebih besar dari pimpinan, tapi ya mudah-mudahan yang seperti yang saya sampaikan tadi , kerjasama kemudian didukung dengan komunikasi yang baik dengan segala pihak, mudah-mudahanlah. Hal yang sulit bisa dijalankan, bisa diatasi dengan hasil yang baik. Saya berusaha menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Meski, belum mempunyai pengalaman dalam tugas yang diembannya saat ini oleh pimpinan. “Masih banyak yang belum saya pelajari. Untuk itu, saya minta bimbingannya dalam menjalankan tugas ini. Agar dapat bersinergi dengan tugas para awak media.