Home / Palembang / Jalan Terowongan ‘Underpass’ Gelap

Jalan Terowongan ‘Underpass’ Gelap

Palembang, BP

Kendati sudah sejak beberapa pekan belakangan beroperasi, jalan terowongan Underpass Simpang Patal-Pusri masih gelap di malam hari. Sejumlah tiang lampu jalan yang telah dipasang, hingga saat ini belum dioperasikan.

Dikonfirmasi kapan lampu jalan tersebut akan difungsikan, Sekretaris Dinas Penerangan Jalan, Pertamanan, dan Pemakaman (DPJPP) Palembang Novrian Fadillah mengakui pihaknya belum bertanggung jawab atas pengoperasian lampu jalan tersebut.

Menurutnya, pihak mana nanti yang akan bertanggung jawab atas pembayaran biaya listrik lampu jalan tersebut, termasuk besarannya nanti yang masih ditunggu hasil pembahasannya. “Masih kita koordinasikan, kami akan segera menggelar pertemuan untuk internal,” katanya, Jumat (3/4).

Dijelaskan, pihaknya masih terus berkoordinasi dengan pihak Balai Besar Jalan Nasional (BBJN) selaku penanggung jawab pengerjaan proyek underpass tersebut. Pihak mana yang bertanggung jawab untuk pembayaran. Jadi, baru bisa dinyalakan jika sudah ada deal,” ungkapnya.

Dijelaskannya, selama ini untuk proses pembayaran beban listrik lampu jalan yang berada di sejumlah proyek seperti underpass atau flyover simpang Polda, selalu ada kesepakatan antara BBJN dan pihaknya terkait beban yang akan dibayarkan nantinya. “Ya misalnya, kami menanggung separuh dan pihak balai separuh, baru bisa kita lakukan pengoperasian lampu jalan ini,” ucapnya.

Terpisah, Kasatker Pelaksanaan Jalan Metropolis Palembang BBJN III Aidil Fitri mengatakan, pihaknya telah menyerahkan surat pada pihak Pemko Palembang dalam hal ini DPJPP untuk segera berkoordinasi terkait pengoperasian lampu jalan tersebut.

“Kami siap untuk diajak berkoordinasi mengenai hal tersebut. Kan sayang jika underpass tersebut tidak difungsikan malam hari karena warga takut,” tuturnya. Menurutnya, lampu jalan di kawasan Underpass Patal Pusri memang sudah sangat mendesak, ditambah semakin banyaknya kriminalitas yang terjadi belakangan ini.

Pihaknya berharap sebelum di-launching secara resmi yang dijadwalkan pertengahan April mendatang, lampu jalan yang jumlahnya puluhan buah tersebut akan segera dinyalakan. “Jumlahnya saya lihat juga banyak, kalau menyala itu pasti sangat terang dan bagus. Warga juga takkan takut melintasinya kalau malam, jadi semoga dalam pekan ini dapat diselesaikan koordinasinya,” katanya. #ren

x

Jangan Lewatkan

Walikota Tentukan Lima Kepala OPD Baru Akhir Desember

Palembang, BP–Kekosongan jabatan dihindari Pemerintah Kota Palembang dengan mengadakan lelang jabaran terbuka untuk lima kepala Organisasi Kepala Daerah (OPD). Ditargetkan ...