Home / Headline / Jalan Palindera Mulai Diperbaiki

Jalan Palindera Mulai Diperbaiki

Palembang, BP

Komisi IV DPRD Sumsel mendatangi Kantor Kementerian PU di Jakarta, Kamis (2/4) untuk menuntut perbaikan jalan negara di Sumsel yang kondisinya rusak parah. Hasilnya, Jalan Palindera mulai diperbaiki minggu pertama April ini.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sumsel Yulius Maulana mengatakan kalau kedatangan mereka ke Kementerian PU menindaklanjuti demo mahasiswa Universitas Sriwijaya (Unsri) terkait rusaknya jalan Palembang-Inderalaya (Palindra) ke kantor DPRD Sumsel beberapa waktu yang lalu.

“Jadi yang kita bawa masalah jalan negara Palindera dan jalan negara di Muba dengan Mura tepatnya di Desa Tanjung Raya Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Muba yang kondisinya rusak parah. Jadi, mulai Jumat (3/4) mulai mengerjakan perbaikan jalan Palindera dan jalan negara di Muba dengan Mura tepatnya di Desa Tanjung Raya Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Muba, jadi panggil semua Balai dari Sumsel pak Junaidi, ada Satker pak Aidil, ” katanya, kemarin.

Menurut politisi PDIP ini, keterlambatan perbaikan dua jalan negara tersebut diakui pihak Kementerian PU karena dari Menteri Keuangan.

“Biasanya Balai Jalan dan Jembatan ini duluan tender, bulan Desember atau Januari namun hingga tanggal 9 Maret 2015 baru keluar surat dari Menteri Keuangan untuk diperbolehkan menggunakan uang negara. Sebelum 9 Maret itu proyek belum dilakukan sehingga menjadi lambat pengerjaan perbaikan jalan tersebut, sekarang mereka baru selesai tender,” katanya.

Untuk Jalan Palindera, ada enam paket pengerjaan perbaikan jalannya namun baru dua paket sudah tender dan tinggal empat paket lagi yang akan dilakukan tender. Namun Yulius mengaku tidak ingat nama-nama paket tersebut.

“Jadi kita dianggarkan untuk perbaikan jalan negara tahun ini Rp1 triliun lebih dari APBN Sumsel tahun 2015, sudah bergerak semuanya sudah tender semua. Awal Mei, jalan negara yang ada di Sumsel sudah diperbaiki, ditambah Jalan Alamsyah Ratu

Prawiranegara arah Jembatan Musi II dalam waktu dekat juga akan diperbaiki, tapi kota Palembang yang mengerjakan ,” katanya.
Selain itu, menurut Yulius pihak Kementerian PU juga berjanji akan memperbaiki Jalan Lintas Timur (Jalintim). Untuk Jalan negara di Muba dengan Mura tepatnya di Desa Tanjung Raya Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Muba lagi tender.

Selain itu, pihak Kementerian PU dalam waktu dekat akan mengumpulkan pihak terkait seperti Dinas Perhubungan untuk menjaga jalan agar kapasitas jalan di Sumsel harus dikontrol biar jalan tidak cepat rusak, karena jalan itu ada umurnya, namun cepat hancur.

“Pihak Kementerian PU beralasan muatan mobil melebihi kapasitas kelas jalan. Jadi Kementerian PU minta difasilitasi Dir Lantas dan Dishub, kalau bisa mobil-mobil itu jangan melewati kapasitas yang sudah ditentukan PU Bina Marga biar jalannya awet,” katanya.

Menurut Yulius, Komisi IV DPRD Sumsel sempat mengancam pihak Kementerian PU kalau Jalan Palindera tidak segera diperbaiki maka mahasiswa akan melakukan demo ke pihak Balai Jalan dan Jembatan di Sumsel.

Hal senada dikemukakan Ketua Komisi IV DPRD Sumsel Edward Jaya. Sedangkan usulan anggaran perbaikan jalan negara di Sumsel diserahkan kepada pihak PU Bina Marga Sumsel.

“Anggaran tahun ini kita minta segera dikerjakan dan kalau ada kekurangan bisa kita ajukan ke ABT APBN. Secara teknis kita minta pihak Balai dan PU Bina Marga berkerja sama untuk menyelesaikan jalan itu,” katanya. #osk

Jajaran Komisi IV DPRD Sumsel usai mendatangi Kantor Kementerian PU di Jakarta, Kamis (2/4)

Jajaran Komisi IV DPRD Sumsel usai mendatangi Kantor Kementerian PU di Jakarta, Kamis (2/4)

x

Jangan Lewatkan

Citilink Buka Rute Palembang – Semarang

Palembang, BP–Maskapai Citilink mengumumkan pembukaan rute penerbangan langsung Palembang-Semarang yang berlaku efektif 29 Oktober mendatang. Rute ini dibuka karena cukup ...