Home / Headline / Alex Anjurkan PNS Pakai Batu Akik

Alex Anjurkan PNS Pakai Batu Akik

Palembang, BP

Pemprov Sumsel berencana akan membuat surat edaran terkait mewajibkan seluruh PNS baik di kabupaten/ kota menggunakan batu akik.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin usai menerima kunjungan Palembang Gems Center Community di Griya Agung Palembang dalam rangka pameran batu mulia terbesar di Indonesia South Sumatera.

Alex mengatakan, adanya rencana PNS yang ada di kabupaten/ kota akan dihimbau untuk menggunakan batu akik baik itu cincin ataupun kalung akan dilakukan secepatnya.

“Ini juga baru dalam rencana. Sementara baru berbentuk imbauan kepada PNS untuk menggunakan batu akik yang berasal dari Sumsel,” tuturnya Hal ini dilakukan guna mendukung peningkatan potensi lokal berupa batu akik khas Sumsel.

Apalagi banyak batu akik asal Sumsel, dikatakan Alex, tak kalah dengan daerah lain seperti batu dari Baturaja, Lubuklinggau, Muratara, dan masih banyak lagi.

Adanya himbauan tersebut yang akan dibuat dalam edaran nanti bukan untuk membuat para PNS bergaya glamour saat bekerja akan tetapi untuk mendukung potensi lokal yang ada di Sumsel. “Tak perlu beli yang mahal, banyak batu akik yang murah karena ini memang untuk mendukung potensi batu akik yang ada di Sumsel,” tegas dia.

Dirinya juga sangat mendukung pelaksanaan pameran batu mulia terbesar di Indonesia South Sumatera Gems Stone Festival yang akan diselenggarakan 27 Mei hingga 7 Juni dipusatkan di Jakabaring Sport City. “Saya mendukung penuh agar terselenggaranya acara ini. Karena dalam acara ini bukan hanya pameran saja namun ada edukasinya juga. Akan ada pelatihan bagaimana cara meningkatkan kualitas pengrajin kita, meningkatkan kualitas batu dan lainya,” tegas Alex.

Lanjutnya, dalam pameran tersebut juga akan diadakan pameran benda pusaka keris. “Nanti saya akan mengirimkan surat kepada para gubernur, bupati, dan walikota se-Indonesia yang memiliki batu di daerahnya masing-masing. Semua ini bertujuan untuk Road to Asian Games 2018,” ujarnya.

Disamping itu juga, dengan pameran ini, kita akan meningkatkan kesejahteraan para pengrajin UMKM. Jadi nanti program UMKM Provinsi Sumsel akan dipadukan, para pengrajin akan dilatih dan diberikan modal untuk membeli peralatan.

Untuk Asian Games 2018 nanti, seluruh atlet, official akan diberikan souvenir berupa cincin batu yang berasal dari Muratara dan Baturaja secara cuma-cuma dan dikemas dengan cantik. “Para pengrajin kita yang membuat dan Pemerintah Daerah yang membeli. Jadi para pengrajin bisa sejahtera, para tamu dan official senang mendapatkan oleh-oleh,” tutur Alex.

Ia mengatakan pameran ini tentu sangat baik pelaku usaha batu akik yang ada di Sumsel.Dalam ajang ini para pelaku usaha akan mendapat edukasi pelatihan untuk meningkatkan kualitas produk batu. Kemudian juga ada pameran pusaka milik Bupati dan walikota , tentunya Semua itu merupakan bagian menyambut Asian Games 2018 nanti.

Sementara itu, Ketua Umum Palembang Gems Center Community (PGCC), Ahmad Dailami Toha mengatakan pameran ini merupakan ajang promosi kekayaan mineral atau batu mulia yang ada di Sumsel dalam hal ini batu yang ada di dua tempat yaitu Muratara dan Baturaja. “Kekayaan kita ini sudah mendunia namun kita belum pernah menyelenggarakan sebuah pameran yang besar,” kata dia.

Maka dari itu, pihaknya menyelenggarakan pameran batu mulia terbesar di Indonesia sekaligus untuk promosi Asian Games 2018. Pameran ini akan dilaksanakan pada tanggal 24 Mei sampai dengan tanggal 7 Juni 2015 di Jakabaring Sport City di Gedung Senam dan Bulu Tangkis.

Alex menerima pemberian batu akik. Bersama anggota PGCC

Alex menerima pemberian batu akik. Bersama anggota PGCC

“Akan ada 9 macam kontes pada pameran nanti yaitu pameran batu mulia, kontes batu mulia, kontes asah batu manual dan mesin, pameran benda pusaka keris, lelang batu nasional, peragaan perhiasan permata nasional, fotografi batu mulia serta seminar dan juga talk show,” jelasnya. #idz

x

Jangan Lewatkan

Jasad Putri Tersangkut di Eceng Gondok

Palembang, BP–Setelah hampir tiga hari dilakukan pencarian, akhirnya jasad Putri Kirina (9) ditemukan tersangkut tumpukan eceng gondok, di perairan Sungai ...