Home / Pendidikan / 415 Mahasiswa PTS Dapat Bidikmisi

415 Mahasiswa PTS Dapat Bidikmisi

Palembang, BP

Kabar gembira untuk mahasiswa baru (maba) di lingkungan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tahun ajaran 2015/2016 mendatang. Pasalnya, kuota beasiswa mahasiswa miskin dan berprestasi (bidikmisi) akan disebar kepada sebanyak 415 mahasiswa PTS di Sumsel.

Kepala Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah II Sumbagsel-Babel, Prof Dr Diah Natalisa MBA mengatakan, kuota Bidikmisi yang diberikan Menristek-Dikti untuk maba di PTS sudah dirasakan sangat cukup.

“Ya, dengan kuota Bidikmisi sebanyak 415 dapat meringankan biaya kuliah mahasiswa yang tidak mampu dan berprestasi,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan kuota yang diberikan tersebut salah satu upaya untuk memaksimalkan prestasi pendidikan mahasiswa di lingkungan PTS. “Bisa membuat mahasiswa semangat untuk belajar dan cepat menyelesaikan proses perkuliahan,” imbuhnya.

Lebih lanjut Diah menjelaskan, maba yang mendapatkan program Bidikmisi harus konsisten dengan nilai dan prestasi di kampus. “Kalau nilai anjlok, otomatis Bidikmisi dicabut, tidak ada tawar-menawar. Mahasiswa harus konsisten dengan peraihan nilai,” ungkapnya.

Masih kata Diah, maba yang mendapatkan program beasiswa Bidikmisi nantinya, akan diseleksi di masing-masing kampus. Kriteria mahasiswa penerima Bidikmisi yaitu mahasiswa yang dinilai ekonomi keluarganya menengah ke bawah dan mempunyai nilai semasa sekolah yang bagus. “Prosesnya sangat ketat, dan akan diseleksi oleh pihak PTS dan Kopertis,” bebernya.

Ia menambahkan, bagi mahasiswa yang mendapatkan beasiswa Bidikmisi nantinya diharapkan dapat memanfaatkan uang yang diberikan dengan baik, dan selesai kuliah tepat waktu.

“Uang yang diberikan nantinya untuk biaya kuliah dan biaya hidup, untuk besarannya belum dipastikan karena masih tahap pembahasan di Kemenristek Dikti,” pungkasnya. #adk

x

Jangan Lewatkan

UKB Incar Akreditas A di Tahun 2020

Palembang, BP — Sebagai salah satu kampus swasta terkemuka di Palembang, Universitas Kader Bangsa (UKB) terus melakukan upaya peningkatan kualitas ...