Home / Pendidikan / Siswa Palembang Siap Ikuti UN 2015

Siswa Palembang Siap Ikuti UN 2015

Palembang, BP

Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA sederajat yang akan diselenggarakan dua pekan lagi, segala persiapan tengah dipersiapkan guna menyukseskan UN tahun ini.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kota Palembang Ahmad Zulinto mengatakan seluruh sekolah dituntut harus mempersiapkan semua keperluan untuk pelaksanaan UN. Khususnya sekolah yang menyelenggarakan UN Computer Based Tes (CBT).

“Sarana dan prasarana harus siap. Jangan sampai merugikan siswa karena ini menyangkut masa depan siswa,” ungkapnya, Seasa (31/3).

Selain itu juga, tambah Zulinto, menjelang pelaksanaan UN CBT dibutuhkan sarana yang cukup, baik dari segi pasokan listrik maupun kelengkapan perangkat komputer.

“Kami sangat dukung sekolah penyelenggara UN CBT. Kita berharap pada saat pelaksanaannya nanti tidak ada kendala sehingga dapat berjalan dengan baik,” tegasnya.

Menurutnya, secara keseluruhan sekolah penyelenggara UN CBT di Palembang sudah dinyatakan siap segala sarana dan prasarananya. “Saat ini pihak sekolah harus fokus melatih siswa untuk menjawab soal ujian dan melatih siswa yang mengikuti UN CBT supaya tidak kaku saat pelaksanaan UN nantinya,” imbuhnya.

Sementara itu distribusi soal dan Lembar Jawaban UN (LJUN) untuk penyelenggaraan UN Paper Based Test (PBT) ditargetkan H-1 sudah sampai ke sekolah-sekolah melalui sub rayon masing-masing. Pihaknya tidak mengkhawatirkan proses distribusi pasalnya Palembang menjadi lokasi penyimpanan soal dan LJUN.

“Namun khusus sekolah penyelenggara UN CBT, pada H-3 harus sudah mengunduh soal UN,” kata Zulinto.
Lebih lanjut Zulinto menjelaskan, sekolah harus melaksanakan simulasi UN CBT maksimal tiga kali sebelum pelaksanaan UN dimulai. “Siswa harus terus dilatih karena UN CBT ini masih baru dan meminimalisir terjadinya kesalahan dan permasalahan di lapangan,” tuturnya.

4.000 Siswa Ikuti TO

Selain mempersiapkan segala sarana dan prasarana, kemampuan siswa dalam menjawab soal juga diperlukan. Salah satunya dengan cara mengikuti try out (TO) atau uji coba UN. Disdikpora Kota Palembang menggelar TO Akbar se-Kota Palembang yang diikuti sebanyak 4.000 siswa di Aula SMK Negeri 2 Palembang, kemarin.

Zulinto mengatakan, TO diselenggarakan untuk mempersiapkan siswa menghadapi UN.

“Kami berharap, selain siswa mempersiapkan diri secara fisik juga mempersiapkan diri dengan latihan menjawab soal sebelum menghadapi UN yang akan berlangsung lebih kurang dua pekan lagi. Kita berharap para siswa yang berasal dari Palembang itu mendapatkan ranking tertinggi di nasional,” katanya kepada BeritaPagi di sela-sela pembukaan TO Akbar, Selasa (31/3).

Sementara Kepala SMA Negeri 3 Palembang Gede Mendera menyebutkan pihaknya rutin melatih siswa kelas XII khususnya untuk menjawab kisi-kisi soal UN yang bisa diperoleh di laman Kemendikbud.

“Siswa kami terus dilatih. Meskipun hasil UN tidak menentukan kelulusan tetapi kami berupaya supaya nilai siswa harus maksimal,” pungkasnya.

Sedangkan Kepala SMK Negeri 2 Hernawati mengatakan sarana dan prasarana untuk melaksanakan UN CBT sudah dipersiapkan dengan maksimal. “Mesin genset sudah disiapkan untuk cadangan apabila terjadi listrik padam,” katanya. #adk

x

Jangan Lewatkan

UKB Incar Akreditas A di Tahun 2020

Palembang, BP — Sebagai salah satu kampus swasta terkemuka di Palembang, Universitas Kader Bangsa (UKB) terus melakukan upaya peningkatan kualitas ...